PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGHITUNG DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI METODE MAKE A MATCH SISWA KELAS I SD NEGERI 020 TELUK PULAU HILIR KECAMATAN RIMBA MELINTANG KABUPATEN ROKAN HILIR

Hendri Hendri

Abstract


Tujuan Penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan menghitung dan prestasi belajar Matematika melalui metode Make a Match bagi siswa kelas I SD Negeri 020 Teluk Pulau Hilir Kecamatan Rimba Melintang Kabupaten Rokan Hilir Tahun Pelajaran 2023/2024. Pada metode pembelajaran yang ada, belum menunjukkan peningkatan bagi siswa. Oleh karena itu, peneliti berusaha mencari solusi, agar metode ini dapat diterapkan di sekolah. Penelitian Tindakan  Kelas ini dilaksanakan pada semester genap Tahun Pelajaran 2023/2024, dari bulan Februari sampai dengan bulan April 2024. Pada Observasi yang dilaksanakan pada pembelajaran Matematika di kelas I SDN 020 Teluk Pulau Hilir Kecamatan Rimba Melintang Kabupaten Rokan Hilir, diperoleh data bahwa dalam pembelajaran Matematika standar kompetensi melakukan penjumlahan dan pengurangan sampai dua angka dalam pemecahan masalah, dari 24 siswa hanya 9 orang siswa saja yang telah tuntas dalam belajarnya dengan nilai diatas Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang ditetapkan yaitu minimal 70. Artinya baru 37,5% saja siswa yang telah tuntas dan banyak siswa masih mengalami kesulitan yaitu 62,5% siswa belum tuntas atau mendapat nilai dibawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM).         Dengan penggunaan metode make a Match, maka ada peningkatan dari temuan dan refleksi selama Siklus I dan Siklus II. Perubahan angka menunjukkan kenaikan prestasi belajar siswa terhadap materi ajar pada setiap Siklus adalah : dari studi Awal ke Siklus I, ketuntasan belajar siswa dari 37,5% naik menjadi 66,7% artinya terjadi peningkatan prestasi belajar siswa sebesar 29,2%. Dari Siklus I ke Siklus II, ketuntasan belajar siswa dari 66,7% menjadi 100% artinya prestasi belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 33,3%.


Keywords


Kemampuan Menghitung; Belajar Matematika; Metode Make a Match

Full Text:

PDF

References


Ahmad Munjin Nasih dan Lilik Nur Kholidah, Metode dan Teknik Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Bandung: Refika Aditama, 2009.

Amirul Hadi dan Haryono, Metodologi Penelitian Pendidikan, Yogyakarta: Pustaka Pelajar 1998.

Anas Sudjiono, Pengantar Statistik Pendidikan, Jakarta: Grafindo Persada, 1996.

Anita Lie, Cooperatife Learning, Jakarta: Grasindo, 2008.

Beni Ahmad Saebani, Metode Penelitian, Bandung: Pustaka Setia, 2008.

Departemen Agama RI, Pedoman Guru Mata Pelajaran Matematika I Madrasah Ibtidaiyah, Jakarta : Dirjen Kelembagaan Agama Islam, 2001.

Depdiknas, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka, 2002.

J. J. Hasibuan dan Moedjiono, Proses Belajar Mengajar, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2008

Jamal Ma’mur Asmani, 7 Tips Aplikasi Pakem, Yogyakarta: Diva Press, 2011.

Lexy J. Moleong, Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung : Remaja Rosdya Karya, 2004.

M. Nur Ghufron dan Rini Risnawita, Gaya Belajar Kajian Teoritik, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2012.

Made Wena, Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer Suatu Tinjauan Konseptual Operasional, Jakarta: Bumi Aksara, 2009.

Mihtahul Huda, Model-model Pengajaran dan Pembelajaran, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2013.

Muhibin Syah, Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2008.

Nana Sudjana, Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar, Bandung: Sinar Baru Algensindo, 2010.

Oemar Hamalik, Proses Belajar Mengajar, Jakarta: Bumi Aksara, 2008.

Rochiati Wiriaatmadja, Metode Penelitian Tindakan Kelas, Remaja Rosdakarya, Bandung 2007.

Saifuddin Azwar, Metode Penelitian, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2007.

Sudharta, IGP, Realistic Mathematics: Apa dan Bagaimana?, http:// www.depdiknas.co.id/editorial:jurnal_pendidikan_indonesia. (diakses 15 Pebruari 2017).

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R &D, Bandung: Alfabeta, 2008.

Suharsimi Arikunto, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: Rineka Cipta, 2006.

Suharsimi Arikunto, Dasar–Dasar Evaluasi Pendidikan (Edisi Revisi), Jakarta : Bumi Aksara, 2006.

Suharsimi Arikunto, Manajemen Penelitian, Jakarta: Rineka Cipta, 2007.

Sutrisno Hadi, Metodologi Research, Yogyakarta: Andi Offset, 2001.

Suyono dan Hariyanto, Belajar dan Pebelajaram, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2011.

Syaiful Bahri Djamarah dan Aswan Zain, Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: Rieneka Cipta, 2006.

Syaiful Bahri Djamarah, Guru dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif, Jakarta: Rineka Cipta, 2010.

Wina Sanjaya, 2009, Penelitian Tindakan Kelas. Cetakan kelima. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group, 2009.

WJS. Poerwadarminta, Kamus Umum Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka, 1985.

Yuyun Wahyuni, Dasar-Dasar Statistik Deskriptif, Yogyakarta: Nuha Medika, 2011.




DOI: http://dx.doi.org/10.31258/jmp.12.1.p.128-166

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.