MODEL EDUKASI MASYARAKAT SUKU SAKAI DALAM UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI MELANJUTKAN PENDIDIKAN KELUARGA DI KECAMATAN PINGGIR

Rizke Islami Anton, Almasdi Syahza, Suarman Suarman

Abstract


Suku sakai adalah suku yang mendiami kawasan pedalaman Riau di Pulau   Sumatera. Keadaan ekonomi orangtua yang kurang mendukung sehingga anak-anak tidak bisa melanjutkan pendidikan yang menyebabkan anaknya yang sudah lulus di sekolah dasar tidak melanjutkan lagi kependidikan sekolah menengah pertama sehingga banyak orang tua yang menyuruh anaknya bekerja saja daripada melanjutkan  pendidikan, dan pada umumnya masyarakat suku sakai juga masih memandang keliru arti penting pendidikan bagi kepentingan dan masa depan anak-anaknya. Pola kehidupan masyarakat yang masih rendah tingkat pendidikan dan tingkat ekonominya dapat dibuka mata hatinya untuk menyekolahkan anak manakala  persepsi orang tua terhadap pendidikan sudah baik.  Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan model penelitian korelasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif kuantitatif. Hasil menunjukkan kondisi sosial ekonomi masyarakat suku sakai ditinjau dari tingkat pendidikan sebagian besar menyelesaikan sekolah sampai dengan tingkat  Sekolah Dasar saja dengan  kategori sedang. Sedangkan jika dilihat dari aspek pekerjaan masyarakat suku sakai mayoritas berprofesi sebagai petani. Tingkat motivasi masyarakat suku sakai untuk melanjutkan pendidikan anaknya berada di kategori sedang dengan persentase sebesar 56, 8 %. Berdasarkan hasil uji chi square diperoleh nilai  (8 > 5,99) yang maknanya chi hitung  >  dari chi tabel, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara kondisi sosial ekonomi masyarakat suku sakai dengan variabel motivasi masyarakat suku sakai melanjutkan pendidikan. Model edukasi masyarakat suku sakai dalam upaya meningkatkan motivasi pendidikan keluarga di kecamatan pinggir yang dirumuskan: fokus memberikan pendampingan kepada orangtua melalui metode pendekatan kelompok dengan pertimbangan selaras dengan data demografi bentuk interaksi orangtua di lakukan secara kelompok, baik itu kelompok yang berkaitan dengan pekerjaan maupun perhimpunan lain

Keywords


Model Edukasi; Suku Sakai; Motivasi Melanjutkan Pendidikan

Full Text:

PDF

References


Busro, 2010.Partisipasi Masyarakat dalam Pelaksanaan Program Wajib Belajar 9 Tahun, Surabaya: Janggala Pustaka Utama.

Kasinu, Akhmad, 2011. Pendidikan dalam Konstruksi Masyarakat yang Berubah, I, Janggala Pustaka Utama: Surabaya.

M. Viqy Saputra Misya, 2017. Upaya Pemerintah Daerah dalam meningkatkan pendidikan di komunitas adat terpencil Desa Sesap Kecamatan Tebing Tinggi Kabupaten Kepulauan Meranti tahun 2011-2014, Pekanbaru : Universitas Riau.

Efendi, M. N., & Muhsin, M. 2019. Citra, Kualitas Lulusan, Promosi, Biaya Terhadap Minat Belajar Siswa. Economic Education Analysis Journal, 8 (2) : 834-846.

Umma, I’ana. 2015. Pengaruh Motivasi Belajar, Prestasi Belajar, dan Kondisi Ekonomi Keluarga Terhadap Minat Siswa Melanjutkan Pendidikan ke Perguruan Tinggi Kelas XI IPS di SMA Negeri Sekecamatan Ngaliyan, Semarang. Economic Education Analysis Journal.

Sardiman, 2014. Interaksi Dan Motivasi Belajar-Mengajar, PT: Raja Grafindo Persada: Jakarta.

Ananias Baskoro, 2016. Pengaruh Motivasi Keluarga terhadap Minat melanjutkan S2 Pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi FKIP Untan, Universitas Tanjung Pura: Pontianak.

Busro, 2010.Partisipasi Masyarakat dalam Pelaksanaan Program Wajib Belajar 9 Tahun, Surabaya: Janggala Pustaka Utama

Widiah, dkk, 2021. Analisis Motivasi Belajar Pada Pembelajaran Daring dikelas XI Mipa SMA N 5 Padangsidempuan Pada Masa Pandemi Covid-19, Tapanuli Selatan : Institut Tapanuli Selatan.

M. Viqy Saputra Misya, 2017. Upaya Pemerintah Daerah dalam meningkatkan pendidikan di komunitas adat terpencil Desa Sesap Kecamatan Tebing Tinggi Kabupaten Kepulauan Meranti tahun 2011-2014, Pekanbaru : Universitas Riau.

Muhammad, dkk. 2017. Pengaruh faktor sosial ekonomi orang tua terhadap minat melanjutkan pendidikan anak di Desa Wunse Jaya Kecamatan Wawoni Tenggara Kabupaten Konawe Kepulauan. Jurnal Ta’dib. Kendari.

Widiah, dkk, 2021. Analisis Motivasi Belajar Pada Pembelajaran Daring dikelas XI Mipa SMA N 5 Padangsidempuan Pada Masa Pandemi Covid-19, Tapanuli Selatan : Institut Tapanuli Selatan.

Irianti, M ., Syahza, A ., Suarman., (2021). Is it true that educator certification guarantees professional teachers? Elementary Education Online.

Almasdi Syahza. 2021. “Metodologi Penelitian”, Unri Press : Pekanbaru.

Ghozali, Imam. 2018. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Diana Sari, 2017. Peran Orang Tua dalam Memotivasi Belajar Siswa. Program Pascasarjana, Universitas PGRI Palembang.




DOI: http://dx.doi.org/10.31258/jmp.12.1.p.1-16

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.