STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALITAS GURU DI SMK PGRI 3 PALEMBANG

Liya Yunita Pikasari, Yasir Arafat, Meilia Rosani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Strategi Kepala Sekolah Untuk Meningkatkan Profesional Guru Di SMK PGRI 3 Palembang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Metode penelitian pengumpulan data meliputi seluruh guru dan wakil kepala sekolah dengan melalui metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Strategi kepala sekolah dalam meningakatkan profesional guru memberikan motivasi, peningkatan disiplin. Kendala yang dihadapi kepala sekolah untuk meningkatkan profesional guru adalah kurangnya guru dalam memanfaatkan teknologi dan informasi, Sarana dan Prasarana yang belum memadai dan kurangnya kedisiplinan, kesadaran guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran.

Keywords


Strategi; Kepala Sekolah; Profesional Guru

Full Text:

PDF

References


Abdullah, M. 2014. Manajemen dan Evaluasi Kinerja Karyawan. Yogyakarta : Penerbit Aswaja Pressindo

Adi, Isbandi Rukminto. 2005. Ilmu Kesejahteraan Sosial dan Pekerjaan Sosial. FISIP UI PRESS

Amborse, G., & Harris, P. (2005) Baics Design: Layout. London: AV.

Pearce, John II, Richard B.Robinson, Jr. 2014. Manajemen Strategi. Jakarta: Salemba Empat.

Arbi, A. S. 2009. Pratikum Evaluasi Sensori. Dalam: Pengenalan Evaluasi Sensori. Universitas Terbuka, Jakarta,pp. 1-4. ISBN 9789790113558.

Arifin, Muhammad & Dardiri, Ahmad. 2016. “Hubungan Kemampuan Penyesuaian Diri dan Pola Berfikir Dengan Kemandirian Belajar Serta Dampaknya Pada Prestasi Akademik Mahasiswa”. Jurnal Pendidikan Teori, Penelitian dan Pengembangan Volume 1 Nomor 10 Bulan Oktober Tahun 2016.

Arikunto, S. 2002 Metedologi Penelitian Suatu Pendekatan Proposal. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Darmiatun, S., & Nurhafizah, N.(2019).Peningkatan Kopetensi Pedagogig dan Profesional Guru TK Melalui Program Diklat Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) di Kabupaten Dharmasraya. Jurnal Pendidikan Tambusai, 3(2), 704-714.

David, Fred R, 2011. Strategic Management, Buku 1.Edisi 12 Jakarta.

Depdiknas, 2011. Pembinaan Pendidikan Karakter di Sekolah Menengah Pertama. Jakarta: Dirjend Dikdasmen.

Effendy, Muhajir.2018.3 Ciri Guru Profesional, Kemendikbud.go.id pada (25/11/2018).di Mendikbudhttps://www.liputan6.com/health/read/3731693/3/ciri-guru-profesional-menurut-mendikbud#(di akses 29 april 2023).

Kemendikbud RI.2012. Buku Pembinaan dan Pengembangan Profesi Guru. Jakarta. Kemendikbud RI.

Kemendikbud RI.2014. Manajemen Kepemimpinan Sekolah. Jakarta. Pusat Pengembangan Tenaga Kependidikan Kemendikbud RI.

Kemendikbud RI.2017. Buku Panduan Kerja Kepala Sekolah. Jakarta:Kemendikbud RI.

Kristiawan,M.2019. Strategi Kepala Sekolah dalam Mengimplementasikan Standar Nasional Pendidikan (SNP) Pada SMK Negeri 2 Bukittinggi. Jurnal Manajemen, Kepemimpin, dan Supervisi Pendidikan. Vol.4.hal.21-33.2019.di https:// www.researchgate. net/ publication/335566260 (diakses 2 mei 2023).




DOI: http://dx.doi.org/10.31258/jmp.12.1.p.100-107

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.