PENGARUH KOMUNIKASI INTERPERSONAL DAN KONSEP DIRI TERHADAP KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU SMP NEGERI KECAMATAN MANDAU KABUPATEN BENGKALIS

Yenita Sari, Putri Yuanita, Daviq Chairilsyah

Abstract


Kompetensi kepribadian guru SMP dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor meliputi komunikasi interpersonal dan konsep diri. Komunikasi Interpersonal yang dilakukan guru terlihat dari kepribadiannya sehari-hari yakni dalam cara-cara mereka berinteraksi dengan peserta didik, rekan sejawat, maupun pimpinan yang ada di sekolah.  Kemudian konsep diri berhubungan erat dengan kompetensi kepribadian, dengan konsep diri yang baik maka guru dapat mengenal dirinya sendiri, yang merupakan gabungan dari keyakinan terhadap fisik, psikologis, sosial, emosional, aspirasi, dan prestasi yang mereka capai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Komunikasi Interpersonal dan Konsep Diri terhadap Kompetensi Kepribadian guru SMP Negeri Kecamatan Mandau Kabupaten Bengkalis. Penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan teknik analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial variabel Komunikasi Interpersonal (X1) memiliki pengaruh signifikan terhadap Kompetensi Kepribadian guru SMP (Y), ini dibuktikan nilai signifikansi t (0,003) lebih besar dari 0,05. kemudian secara parsial variabel Konsep Diri (X­2­) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Kompetensi Kepribadian guru SMP (Y), hal ini ditunjukkan oleh nilai signifikansi t (0,000) kurang dari 0,05. Selanjutnya jika dilakukan pengujian secara bersama hasilnya adalah Variabel Komunikasi Interpersonal (X1) dan Konsep Diri (X2) secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap variabel Kompetensi Kepribadian Guru (Y). Hal ini ditunjukkan oleh nilai signifikansi F (0,000) kurang dari 0,05.


Keywords


Kompetensi Kepribadian; Komunikasi Interpersonal; Konsep Diri

Full Text:

PDF

References


Darmansyah, 2011, Strategi Pembelajaran Menyenangkan Dengan Humor, Jakarta: PT Bumi Aksara.

Gujarati, N, Damodar. 2010. Dasar-Dasar Ekonometrika (Terjemahan). Buku1. Edisi 5. Penerbit Salemba Empat. Jakarta.

Khoiriyah, U. 2018. Pengaruh Kompetensi Kepribadian Guru Fiqih Terhadap Kedisiplinan Ibadah Siswa Kelas Viii Di Mts Negeri 6 Blitar Tahun Ajaran 2017/2018.

Kinanti, J. A., & Hendrati, F. (2013). Hubungan Tipe Kepribadian Dengan Komunikasi Interpersonal Menantu Perempuan Terhadap Ibu Mertua.

Mulyana, D. (2000). Ilmu komunikasi suatu pengantar. Bandung: Rosdakarya

Santoso, Singgih. (2012). Aplikasi SPSS pada Statistik Parametrik. Jakarta: Gramedia

Widjaja, H.A.W. 2010. Komunikasi: Komunikasi & Hubungan Masyarakat. Bumi Aksara. Jakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.31258/jmp.12.2.p.175-186

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.