PEMASARAN JASA PENDIDIKAN DALAM KAJIAN MPI

Gustianto Nur Hafis, Alif Yunanda Putra, Tuti Andriani

Abstract


Pemasaran pendidikan menjadi elemen krusial dalam mengoptimalkan daya tarik, memperluas akses, dan meningkatkan keberlanjutan Institusi Pendidikan. Penelitian ini membahas dan menganalisis peran serta implikasi dari jasa pemasaran dalam ranah pendidikan. Dengan menggunakan pendekatan deskriptif-analitis, penelitian ini mengeksplorasi strategi pemasaran yang telah terbukti efektif dalam meningkatkan visibilitas, menarik minat calon siswa, serta mempertahankan tingkat partisipasi dan keterlibatan komunitas pendidikan. Penelitian ini juga menekankan perlunya pendekatan berkelanjutan dalam pemasaran pendidikan, dengan penyesuaian terhadap perubahan tren, perkembangan teknologi, dan ekspektasi masyarakat. Melalui penerapan strategi pemasaran yang adaptif dan inovatif, Institusi Pendidikan dapat memperkuat citra mereka, meningkatkan akuisisi siswa, dan mencapai tujuan pendidikan mereka secara efektif.


Keywords


Pemasaran; Jasa Pendidikan; MPI

Full Text:

PDF

References


Benty, D.D.N., Dan Gunawan, I. 2015. Manajemen Hubungan Sekolah dan Masyarakat. IKIP Malang: IKIP Malang

Benty, D.D.N., Dan Gunawan, I. 2015. Manajemen Hubungan Sekolah dan Masyarakat. IKIP Malang: IKIP Malang. Hal 25

Benty, D.D.N., Dan Gunawan, I. 2015. Manajemen Hubungan Sekolah dan Masyarakat. IKIP Malang: IKIP Malang. Hal 25-29

David Wijaya, Pemasaran Jasa Pendidikan (Jakarta: Bumi Aksara, 2016), 59.

Gary Armstrong et al., Principles of Marketing (Pearson Australia, 2014).

Hermawan Kartajaya, On Differentiation (Bandung: PT Mizan Pustaka, 2004), 15.

Hermawan Kartajaya, On Positioning (Bandung: PT Mizan Pustaka, 2004), 14.

Hermawan Kartajaya, On Positioning Seri 9 Elemen Marketing (Bandung:PT Mizan Pustaka, 2004), 11.

Hermawan Kartajaya, On Targeting (Jakarta: PT Mizan Pustaka, 2006), 17.

Imam Suprayogo, Metodologi Penelitian Sosial-Agama, (Bandung: Remaja Rosda Karya, 2001) hlm. 91

Philip Kotler dan Gary Armstrong, Prinsip-prinsip Pemasaran Edisi Ke-12 (Jakarta: Erlangga, 2008), 59

Philip Kotler, Marketing Management. The Millenium Edition, Prentice-hall International Inc, New Jersey, 2003, hlm.428

Tim Dosen Administrasi Pendidikan UPI, Manajemen Pendidikan, Alfabeta, Bandung, 2014, hlm.335.

Wijaya, D. 2012. Pemasaran Jasa Pendidikan. Jakarta: Salemba empat.

Wijaya, D. 2012. Pemasaran Jasa Pendidikan. Jakarta: Salemba empat. Hal 58




DOI: http://dx.doi.org/10.31258/jmp.12.2.p.227-242

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.