EVALUASI KINERJA GURU DI SD NEGERI 100 PALEMBANG

Meri Susanti, Nur Ahyani, Destiniar Destiniar

Abstract


Kinerja guru merupakan faktor krusial dalam menentukan mutu pendidikan di SD Negeri 100 Palembang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan instrumen berupa wawancara menggunakan daftar pertanyaan. Sebanyak 12 guru menjadi responden dalam penelitian ini. Hasil penelitian menggambarkan adanya kesenjangan antara kinerja yang direncanakan dan kinerja yang terjadi di lapangan. Metode Discrepancy Evaluation Model (DEM) digunakan untuk mengidentifikasi dan mengevaluasi perbedaan tersebut, memberikan gambaran komprehensif mengenai efektivitas kinerja guru. Temuan ini diharapkan dapat menjadi landasan untuk pengembangan strategi perbaikan kinerja guru, yang pada gilirannya akan mendukung peningkatan mutu pendidikan di SD Negeri 100 Palembang.

Keywords


Kinerja Guru; Discrepancy Evaluation Model (DEM); Mutu Pendidikan

Full Text:

PDF

References


Azhar, I. (2021). Analisis Prilaku Organisasi dan Pengaruhnya Terhadap Kinerja Pegawai Di Lembaga Pendidikan. Madinah: Jurnal Studi Islam 8(2), 160- 190.

Fitria, Fitria, H., & Martha, A. (2020). Manajemen Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru Honorer. Journal of Innovation in Teaching and Instructional Media, 85-89.

Kartini, D., Kristiawan, M., & Fitria, H. (2020). The Influence of Principal‟s Leadership, Academic Supervision, and Professional Competence toward Teachers‟ Performance. International Journal of Progressive Sciences and Technologies 20(1), 156-164.

Nazir, A. (2018). Manajemen Operasi. Edisi Pertama. Jakarta: Bumi Aksara.

Sodik, M., Sahal, Y. F., & Herlina, N. H. (2019). Pengaruh Kinerja Guru Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Alquran Hadis. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam [SL] 7(1), 97- 112.

Sulfemi, W. B. (2020). Pengaruh Rasa Percaya Diri dan Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru. Nidhomul Haq: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(2), 157-179.




DOI: http://dx.doi.org/10.31258/jmp.12.2.p.255-262

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.