PENGARUH KINERJA KEPALA SEKOLAH TERHADAP MUTU PEMBELAJARAN MELALUI AKREDITASI SEKOLAH DI SD NEGERI SE-KECAMATAN PEMULUTAN SELATAN

Alduna Marbeti, Edi Harapan, Juliansyah Putra

Abstract


Penelitian ini bertujuan 1) Menganalisis dan mengetahui serta mendeskripsikan pengaruh kepala sekolah terhadap mutu pembelajaran. 2) Menganalisis dan mengetahui serta mendeskripsikan pengaruh akreditasi terhadap mutu pembelajaran. 3) Menganalisis dan mengetahui serta mendeskripsikan pengaruh kinerja kepala sekolah terhadap mutu pembelajaran melalui akreditasi sekolah di SD Negeri Kecamatan Pemulutan Selatan. Metode penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif. Sampel pada penelitian ini adalah 64 guru SD di Pemulutan Selatan Kabupaten Ogan Ilir. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Penelitian di lakukan di 16 SD Negeri Kecataman Pemulutan Selatan. Hasil Penelitian mengungkapkan bahwa 1) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan kinerja kepala sekolah terhadap mutu pembelajaran. 2) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan akreditasi sekolah terhadap mutu pembelajaran. 3) Terdapat pengaruh secara simultan dan signifikan kinerja kepala sekolah terhadap mutu pembelajaran. 


Keywords


Kinerja Kepala Sekolah; Mutu Pembelajaran; Akreditasi Sekolah

Full Text:

PDF

References


Masykurin, I. L. (2021). Analisis gaya kepemimpianan kepala sekolah PAUD dalam meningkatkan kinerja guru di RA DARUSALLAM. Loka Karya Pendidikan Islam Anak Usia Dini IAIN Ponorogo “Pengembangan Potensi Anak Usia Dini” Tahun 2021., 160–174.

Mulyasa, E. (2013). Manajemen dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta, Bumi Aksara. Nawawi, H. (1996). Adminisrasi Pendidikan. Jakarta: Gunung Agung.

Sugiyono. (2014). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Undang-Undang No.32 tahun 2004 tentang pemerintahan daerah. Jakarta: Depdagri




DOI: http://dx.doi.org/10.31258/jmp.12.2.p.263-271

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.