MANAJEMEN STRATEGI PENINGKATAN KINERJA GURU DI SMA INSAN CENDIKIA SRIWIJAYA, PALEMBANG.
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi peningkatan kinerja guru. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Insan Cendikia Sriwijaya. Alat pengumpul data menggunakan metode wawancara, dokumentasi, observasi serta kajian pustaka. Analisis data menggunakan analisis kualitatif deskriptif dengan tahapan-tahapan penelitian yang mengacu pada teori Miles and Huberman yaitu mengumpulkan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menyatakan bahwa manajemen strategi peningkatan kinerja guru di SMA Insan Cendikia Sriwijaya berjalan dengan baik melalui perencanaan program jangka pendek dan jangka panjang. Melaksanakan strategi melalui penugasan, pelatihan, forum diskusi guru dan evaluasi program peningkatan kinerja guru dengan berdasarkan hasil analisis pelaksanaan kinerja guru. Analisis ini mengacu pada capaian hasil belajar siswa. Terdapat kendala dalam upaya peningkatan kinerja guru, antara lain keterbatasan data, keterbatasan fasilitas, sarana prasarana. Beberapa guru juga kurang termotivasi untuk mengikuti program pengembangan diri dan kesulitas dalam mengintegrasikan teknologi dalam pembelajaran. Solusi yang bisa dihadirkan adalah dengan melaksanakan pembinaan terus menerus melalui supervise guru sekaligus mengevaluasi dan memberi arahan perbaikan. Memberika pelatihan dan penugsan melalui workshop, sosialisasi dan pelatihan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Asiah, N., Tiro, M. A., & Apriyanti, E. (2021). Strategi kepala sekolah dalam upaya meningkatkan kinerja guru di smks yapta takalar. Jurnal Education and Development, 9(4), 211-217.
Fauzan, A. (2012). Metodologi Penelitian kualitatif. Ar-Ruzz Media.
Juhji. (2020). Manajemen Humas Sekolah. Widina Bhakti Persada.
Miles and Huberman, (2013). Analisis Data Kualitatif Terjemahan oleh Tjetjeb Rohendi Rohandi. Jakarta: Universitas Indonesia.
Moleong, L, J. (2016) Metodologi Penelitian Kualitatif, Penerbit PT Remaja Rosdakarya.
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 35 Tahun 2010 tentang Petunjuk Teknis Pelaksanaan Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya
Reza, R. (2018). Strategi Belajar dan Mengajar. Gramedia
Sholeh, M. (2016). Keefektifan Peran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru. JDMP (Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan), 1(1), 41-54.
Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Wiyani, A. (2017). Manajemen Kelas. Ar-Ruzz Media
DOI: http://dx.doi.org/10.31258/jmp.12.2.p.282-290
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.