PENGARUH KREATIVITAS GURU DAN SARANA PRASARANA TERHADAP MUTU PEMBELAJARAN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DI KECAMATAN OGAN KOMERING ILIR SUMATERA SELATAN

Karina Utami, Happy Fitria, Heri Setiyo

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Kreativitas Guru dan Sarana Prasarana Terhadap Mutu Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini di Kecamatan Ogan Komering Ilir. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain penelitian menggunakan desain penelitian penelitian expost facto. Sampel dalam penelitian ini adalah 80 guru PAUD di Kecamatan Ogan Komering Ilir. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif, dan regresi berganda. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa 1) terdapat pengaruh yang signifikan kreativitas guru terhadap mutu pembelajaran PAUD di Kecamatan Ogan Komering Ilir; 2) terdapat pengaruh yang signifikan sarana prasarana terhadap mutu pembelajaran PAUD di Kecamatan Ogan Komering Ilir; 3) terdapat pengaruh yang signifikan secara bersama-sama kreativitas guru dan sarana prasarana dan terhadap mutu pembelajaran PAUD di Kecamatan Ogan Komering Ilir.


Keywords


Kreativitas Guru; Sarana Prasarana; Mutu Pembelajaran

Full Text:

PDF

References


Arikunto,S. (2010). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Asra.A dan Prasetiyo, A. (2015). PengambilanSampel dalam Penelitian Survei. Jakarta: Rajawali Pers.

Bafadal, I. (2014). Manajemen Perlengkapan Sekolah Teori dan Aplikasinya. Jakarta: Bumi Aksara.

Barnawi dan Arifin, M. (2014). Kinerja guru Profesional. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Fitriani, N. (2013). Pengaruh Persepsi Guru tentang Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Fasilitas Kerja Terhadap Kinerja Guru Sekolah Menengah Kejuruan. Ekonomi IKIP Veteran Semarang, 1 (1), 37055.

Hermawan, M.D., Tanrere, S. B., & Sastradiharja, E.J. (2020). Pengaruh Supervisi Akademik dan Manajemen Sarana Prasarana Terhadap Mutu Pembelajaran Jarak Jauh. Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam dan Manajemen Pendidikan Islam, 4(02), 213-235.

Inayah, C., Ahsani, E. L.F., Mastura, E., Ni’mah, L.S., & Amalia, V. (2021). Pengaruh Sarana Prasarana dalam Menunjang Prestasi Belajar Siswa SD di Sekolah Indonesia Den Haag. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI, 8(1), 52-68.

Kande, F.A. (2011). Faktor-faktor yang berhubungan dengan kinerja guru SMA/MA di Kabupaten Alor. Jurnal Kependidikan: Penelitian Inovasi Pembelajaran, 41 (2).

Mawaddah, M., Harapan, E., & Kesumawati, N. (2020). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Ketersediaan Sarana dan Prasarana terhadap Kepuasan Kerja Guru. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan SUpervisi Pendidikan),6 (1), 100-111.

Rohiyatun, B., & Najwa, L. (2021). Pengelolaan sarana dan prasarana di PAUD. Jurnal Visionary: Penelitian dan Pengembangan dibidang Administrasi Pendidikan, 9 (1), 1-5.

Sugiyono. (20012). Metode Penelitian Kuantitatif dan R dan D. Bandung: Alfabeta.

Supriadi, D. (2018). Implementasi Manajemen Inovasi dan Kreatifitas Guru dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran. Indonesian Journal of Education Management & Administration review, 1(2), 125-132.

Suranto, D. I., Annur, S., & Alfiyanto, A. (2022). Pentingnya Manajemen Sarana dan Prasarana dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Jurnal Kiprah Pendidikan, 1(2), 59-66.




DOI: http://dx.doi.org/10.31258/jmp.12.2.p.%25p

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.