IMPLEMENTASI PROGRAM SEKOLAH PENGGERAK DAN PERAN KOMITE PEMBELAJARAN DALAM MEWUJUDKAN TRANSFORMASI PENDIDIKAN DI TK ISLAM AZ-ZAHRAH PALEMBANG

Achmad Fahrudin, Edi Harapan, Heri Setiyo Nugroho

Abstract


Penelitian in merupakan penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru dan peserta didik TK Islam Az-Zahrah Palembang. Metode pengumpulan data dengan menggunakan wawancara, observasi dan studi data. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana implementasi program sekolah penggerak yaitu pendampingan konsultatif dan asimetris, penguatan sumber daya manusia, pembelajaran menggunakan paradigma baru, perencanaan berbasis data dan digitalisasi sekolah. Dengan semikian disimpulkan bahwa implementasi program sekolah penggerak dan peran komite pembelajaran dalam mewujudkan transformasi Pendidikan di TK Az-Zahrah terlaksana dengan baik, dibuktikan dengan lima intervensi program sekolah penggerak dapat diimplementasikan. Hal ini sebagai wujud transformasi Pendidikan yang ada di TK Islam Az-Zahrah yang akan sangat berpengaruh pada mutu Pendidikan di sekolah.


Keywords


Implementasi; Program Sekolah Penggerak; Komite Pembelajaran; Transformasi Pendidikan

Full Text:

PDF

References


Kemendikbud. 2021.Kemendikbud Luncurkan program sekolah penggerak begini metodenya. Diakses pada tanggal 28 April 2023 pukul 22:00 WIB

https://www.kemdikbud.go.id/main/index.php/blog/2021/02/kemendikbud-luncurkan-merdeka-belajar-episode-7-program-sekolah-penggerak

Kemendikbud. 2021. Lima Intervensi program sekolah penggerak. Diakses pada tangal 28 April 2023 pukul 21:15 WIB.

https://psp-web.pauddikdasmen.kemdikbud.go.id/#/detail program/intervensi

Kemendikbud. 2021. SK Penetapan Satuan Pendidikan Pelaksana PSP Angkatan II. Diakses pada tanggal 15 Agustus 2023 pukul 09:17 WIB. https://penggerak-simpkb.s3.ap-southeast-1.amazonaws.com/portal programsekolahpenggerak/wp-content/uploads/2022/02/16085900/SK Dirjen-PDM_PSP-Angkatan-2.pdf

Kemendikbud. 2021. Profil Pelajar Pancasila. Diakses pada tanggal 18 Agustus 2023 pukul 10:00 WIB https://ditpsd.kemdikbud.go.id/hal/profil-pelajar-pancasila

Moleong, Lexy J. 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung.: PT Remaja Rosdakarya.

Prastowo, Andi. 2012. Metode Penelitian kualitatif dalam perspektif Rancangan Penelitian. Jogjakarta: Ar-Ruzzmedia.

Pandungan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pancasila 2022, Badan Standar Kurikulum dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pnedidikan, kebudayaan, riset dan teknologi republic Inonesia.

Pedoman penulisan tesis. 2023. Program Pasca Sarjana Universitas PGRI Palembang. Edisi ke tiga.

Rahmat Hidayat dan Abdillah. 2019. Ilmu Pendekatan “Konsep, teori dan Alikasinya” Lembaga Oeduli Pengembangan Pendidikan Indonesia. Medan.

Rinawati, Anita. Vol. 3. No.1, Juni 2012. Transformasi Pendidikan untuk Menghadapi Globalisasi. Ekuitas-Jurnal pendidikan Ekonomi.

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 1989, tentang Sistim Pendidikan Nasional dan Penjelasannya.




DOI: http://dx.doi.org/10.31258/jmp.12.2.p.345-355

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.