PENGARUH PERFORMA DAN FASILITAS TERHADAP KEPUASAN LAYANAN PESERTA EKSTRAKURIKULER CHEERLEADING DI SMA KOLESE LOYOLA

Albert Leonardo Lantang

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengetahui pengaruh performa dan fasilitas terhadap kepuasan layanan peserta ekstrakurikuler Cheerleading di SMA Kolese Loyola, Semarang. Penelitian ini menggunakan 32 cheerleader dari kelas X dan XI. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Pengumpulan data melalui survei dengan menyebarkan kuesioner secara daring. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regeresi berganda menggunakan software SPPS 25. Berdasarkan hasil analisis regresi dilihat bahwa nilai Adjusted R-Square yaitu 0.912 menunjukkan bahwa proporsi pengaruh variabel performa guru ekstrakurikuler dan fasilitas kegiatan ekstrakurikuler secara bersama-sama mempengaruhi kepuasan peserta didik ekstrakurikuler Cheerleading sebesar 91,2%, dan besarnya probabilitas adalah 0,000 jauh lebih kecil dari 0,05, atau dapat dinyatakan bahwa variabel performa guru ekstrakurikuler (X1) dan fasilitas kegiatan ekstrakurikuler (X2) secara bersama-sama berpengaruh secara signifikan terhadap variabel kepuasan peserta didik ekstrakurikuler Cheerleading (Y).


Keywords


Ekstrakurikuler Cheerleading; Performa Guru; Fasilitas; Kepuasan Layanan

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. 2002. Metodologi Penelitian Suatu Pendekatan Proposal. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Butt, M. M., & Aftab, M. (2013). Incorporating attitude towards Halal banking in an integrated service quality, satisfaction, trust and loyalty model in online Islamic banking context. International Journal of Bank Marketing, 31(1), 6–23.

Ghozali, I. 2018. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25 (9th ed.). Badan Penerbit Universitas Diponegoro

Heriswanto, H. (2018). Pengaruh Kompetensi Guru Terhadap Kinerja Guru SMPN 1 lambuya kab. Konawe melalui motivasi kerja sebagai variabel intervening. Aksara Public, 2(3), 136-152.

Jauza, A. Z. (2018). Gaya Hidup Para Pemandu Sorak Pada Komunitas ICC Heroes di Surabaya (Doctoral dissertation, Universitas Airlangga).

Juniarti, A. T., & Sukartini, T. (2014). Analisis Kompetensi Lulusan melalui Kinerja Guru di SMPN Wilayah III Cirebon. TRIKONOMIKA, 13(2), 145-152.

Jufrizen, J. (2021). Pengaruh fasilitas kerja dan disiplin kerja terhadap kinerja karyawan melalui motivasi kerja. Sains Manajemen: Jurnal Manajemen Unsera, 7(1), 35-54.

Parasuraman, Valarie A., Zeithmal, Leonard L Berry. 1990. Delivering Quality Service, Balancing Customer Perception and Expectations. New York: Free Press

Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 12 Tahun 2024 tentang Kurikulum pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, dan Jenjang Pendidikan Menengah

Philip T. Kotler, Kevin Lane Keller 2015 - Marketing Management-Pearson

Sari, M., Rachman, H., Astuti, N. J., Afgani, M. W., & Siroj, R. A. (2023). Explanatory Survey dalam Metode Penelitian Deskriptif Kuantitatif. Jurnal Pendidikan Sains Dan Komputer, 3(01), 10-16.

Sayyd, S. M., Asnaldi, A., bin Zainuddin, Z. A., & Nahary, A. M. (2022). Management of sports facilities and equipment in physical activities according to Saudi vision 2030. Jurnal MensSana, 7(2), 118-125

Sugiyono, 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Supranto, J. 2006. Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan: Untuk Menaikkan Pangsa Pasar. PT Rineka Cipta, Jakarta.

Tjiptono, 2008. Strategi Pemasaran. Yogyakarta: CV Andi Offset

Undang-undang (UU) Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen

Xu, A. L., Beck, J. J., Sweeney, E. A., Severson, M. N., Page, A. S., & Lee, R. J. (2022). Understanding the cheerleader as an orthopaedic patient: an evidence-based review of the literature. Orthopaedic journal of sports medicine, 10(1), 23259671211067222.




DOI: http://dx.doi.org/10.31258/jmp.12.3.p.459-467

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.