PERAN TEKNOLOGI DALAM MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM DI ERA DIGITAL DI SMAN 2 PASURUAN

Nurul Huda, Ika Putri Siti Aminah, Fatimatuz Zahro Agustine, Rosyidah Nikmatul Fitri

Abstract


Penelitian ini mengkaji peran teknologi dalam manajemen pendidikan Islam di SMAN 2 Pasuruan dengan tujuan untuk mengeksplorasi penerapan teknologi dalam administrasi, pembelajaran, dan pengembangan karakter Islami siswa. Pemanfaatan teknologi dalam pendidikan Islam telah terbukti memberikan kontribusi positif dalam meningkatkan efisiensi pengelolaan pendidikan, seperti penggunaan platform digital Google Classroom dan Zoom untuk administrasi kelas dan pembelajaran daring. Selain itu, teknologi juga memperkaya metode pembelajaran dengan memfasilitasi pembelajaran interaktif yang dapat menjangkau siswa lebih luas dan lebih fleksibel. Namun, meskipun menawarkan berbagai keuntungan, penggunaan teknologi dalam pendidikan menghadapi sejumlah tantangan. Salah satu tantangan terbesar adalah keterbatasan infrastruktur teknologi di sekolah, seperti ketersediaan perangkat dan koneksi internet yang memadai. Selain itu, kesiapan dan keterampilan guru dalam memanfaatkan teknologi secara optimal juga menjadi kendala. Oleh karena itu, diperlukan program pelatihan yang berkelanjutan untuk guru agar mereka dapat menguasai penggunaan teknologi yang efektif dalam mengajar. Pengembangan aplikasi pembelajaran yang interaktif juga penting untuk meningkatkan pengalaman belajar siswa, terutama dalam pelajaran agama Islam. Dengan manajemen yang baik dan dukungan teknologi yang tepat, pendidikan Islam dapat berkembang secara terstruktur dan holistik. Teknologi dapat menjadi alat yang efektif dalam membantu siswa mengembangkan karakter Islami sesuai dengan ajaran agama, serta mempersiapkan mereka untuk menghadapi tantangan masa depan.


Keywords


Manajemen Pendidikan Islam; Teknologi Pendidikan; Pendidikan Agama Islam

Full Text:

PDF

References


Afifi, S., Santoso, H. B., & Hasani, L. M. (2022). Investigating students’ online self-regulated learning skills and their e-learning experience in a prophetic communication course. Ingenierie des Systemes d’Information, 27(3), 387.

Alsayegh, N. (2023). Arabic massive open online courses and teachers in Saudi Arabia: technology, space, gift and entrepreneurship.

Avidov-Ungar, O., & Forkosh-Baruch, A. (2018). Professional identity of teacher educators in the digital era in light of demands of pedagogical innovation. Teaching and Teacher education, 73, 183–191.

Fakhruroji, M. (2021). Muslims learning Islam on the internet. In Handbook of contemporary Islam and Muslim lives (hal. 845–861). Springer.

Guna, B. W. K., & Yuwantiningrum, S. E. (2024). Building Morality and Ethics Through Islamic Religious Education In Schools. IJGIE (International Journal of Graduate of Islamic Education), 5(1), 14–24.

Huda, M., Musolin, M. H., Serour, R. O. H., Azman, M., Yauri, A. M., Bakar, A., Zuhri, M., Mujahidin, & Hasanah, U. (2023). Digital record management in Islamic education institution: current trends on enhancing process and effectiveness through learning technology. In Proceedings of the Computational Methods in Systems and Software (hal. 316–333). Springer.

Muhyidin, S. (2022). The Strategy of Interpretation Al Qur’an and Hadith with Virtual Data-Based Learning Approach at Institut Agama Islam Negeri Fattahul Muluk Papua. Jurnal Iqra’: Kajian Ilmu Pendidikan, 7(1), 295–308.

Prasetiyo, W. H., Sari, B. I., Sa’diyah, H., Naidu, N. B. M., & Prasetyo, E. (2022). Using Rasch model analysis for assessing psychometric properties of digital citizenship in Indonesian students. Journal of E-Learning and Knowledge Society, 18(3), 96–110.

Sanusi, M. (2024). Transforming Islamic Education in the Digital Age: Challenges and Opportunities for the Young Generation. Attractive: Innovative Education Journal, 6(3), 206–215.

Susanti, A. I. (2021). Media pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi (TIK). Penerbit NEM.

Utami, V. Q. N., Rusdinal, R., & Hadiyanto, H. (2023). Education Management Strategies to Face Challenges and Opportunities in The Digital Age. International Journal of Educational Dynamics, 6(1), 386–395.




DOI: http://dx.doi.org/10.31258/jmp.12.3.p.477-485

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.