PENGARUH PENGUASAAN LITERASI DIGITAL DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KOMPETENSI GURU DALAM PENGGUNAAN E-RAPORT
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penguasaan literasi digital dan motivasi kerja guru baik secara parsial ataupun secara simultan terhadap kompetensi guru dalam penggunaan aplikasi e-raport. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif secara ex post facto. Sebanyak 71 sampel yang di pilih secara sample random sampling dari semua guru SMP Negeri yang ada di Kecamatan Pinggir Kabupaten Bengkalis. Data diperoleh langsung dari responden melalui tes unjuk kerja dan penyebaran angket (kuisioner) yang kemudian di analisis secara statistik menggunakan analisis regresi linear berganda. Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan penguasaan literasi digital dan motivasi kerja terhadap kompetensi guru dalam penggunaan aplikasi e-raport bak secara parsial maupun simultan dengan kontribusi 56,40 % dan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain yaitu kelengkapan sarana prasara, prestasi akademin, jenjang pendidikan dan pengalaman kerja. Dengan demikian untuk dapat meningkatkan kompetensi guru dalam penggunaan aplikasi e-raport maka diperlukan penguasaan literasi digital dan motivasi kerja yang baik.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Afrizal, D., 2020. E- Goverment Service Review In Dumai City Indonesia. Jurnal Niara, 13 (1), 260-267
Asari, A, Taufiq Kurniawan, Sokhibul Ansor, Andika Bagus Nur Rahma Putra., 2019., Kompetensi Literasi Digital Bagi Guru Dan Pelajar Di Lingkungan Sekolah Kabupaten Malang. Jurnal Kajian Perpustakaan dan Informasi. Universitas Negeri Malang. Volume 3 Nomor 2, Hal 98-104
C.R. Kothori., 2004. Research Methodology: Methods and Techniques (2nd ed). New Age Internasional (P) Limited Publisher.
Departemen Pendidikan Nasional. 2005., Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 Penjelasan pasal 28 ayat 3 butir (a) tentang Standar Nasional Pendidikan. https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/49369/pp-no-19 tahun-2005 (Diakses tgl 20 Agustus 2020)
Departemen Pendidikan Nasional. 2007., Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No.16 Tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik Kompetensi Guru. https://www.amongguru.com/permendiknas-nomor-16- tahun-2007-tentang-standar-kompetensi-guru/ (Diakses tgl 21 Agustus 2020)
Departemen Pendidikan Nasional., 2008. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 74 Tahun 2008 Tentang Guru. https://peraturan.bpk.go.id/ Home/ Details/4892/pp-no-74-tahun-2008. (Diakses tgl 21 Agustus 2020).
Departemen Pendidikan Nasional., 2005. Undang- Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. https://peraturan.bpk.go.id/ Home/ Details/4892/pp-no-74-tahun-2008. (Diakses tgl 20 Agustus 2020)
Depdiknas., 2011. Panduan Implementasi Pembelajaran Berbasis TIK. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Menengah. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Hal. 112.
Ghozali., I. 2006. Aplikasi Analisis Multivariete dengan Program IBM SPSS.
Hartono., B & Siregar, M., 2022. Konsep Kewirausahaan dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 11 (2), 377-398.
Hasmayati, Y, 2011., Pengaruh Efektifitas Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Motivasi Kerja terhadap Kompetensi Guru ( Studi pada Jurusan Bisnis Managemen SMK Negeri dan Swasta di Kabupaten Sumedang. Jurnal Portal UPI. Volume 9 Nomor 18. Hal 1-8.
Herlinda, H., Fitria, H.,& Puspita, Y., 2020. Implementasi Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Proses Pembelajaran Kurikulum K-13. Journal of Education Research. Vol. 1 No. 2. Hal. 125-133.
Iqbal, Muhammad., 2020. Pengaruh Kemampuan Literasi Digital terhadap Kompetensi Profesional Guru PAI di SMK Negeri se-Kota Parepare. Skripsi S2 IAIN Parepare. http://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/2198.
Jamun, Y. M., Ntelok, Z. R. E., & Ngalu, R., 2020. Pengaruh Pemanfaatan Perangkat Teknologi Informasi dan Komunikasi terhadap Peningkatan Profesional Guru Sekolah Dasar. JIPD. Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar. Vol. 4 No. 1 hal. 46-50.
Masitoh, S., (2018). Blended Learning Berwawasan Literasi Digital Suatu Upaya Meningkatkan Kualitas Pembelajaran dan Membangun Generasi Emas 2045. Prosiding ICECERS, 1 (3).https: //doi.org/10.21070/picecrsv1i3.1377
Kalikulla, S., 2017. Pengaruh Kesejahteraan Guru, Motivasi Kerja dam Kompetensi Guru terhadap Kinerja Guru SMK di Kabupaten Sumba Barat. Journal Dinamika Manajemen Pendidikan. Vol. 1 No.2 Hal. 33-53
Natuna, Daeng Ayub., 2018. Teacher’s Style of Optimism Public Senior High School Rimba Melintang, Rokan hilir, Riau. Proceeding of the 2nd URICES 2, 840-847.
Nurdin, A. M, Mustafa, A.H., 2020. Implementasi Aplikasi Raport Digital Madrasah dalam Penilaian Hasil Belajar Siswa. Jurnal of Islam Elementary Education el- Bidayah. Volume 2 Nomor 1 Halaman 67-78
Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/43920/uu- no-20-tahun-2003. (Diakses Tgl 20 agustus 2020).
Zebua, T, Syahyar, Kariba,B., 2021. Pengaruh Motivasi Kerja, Disiplin Kerja dan Pengalaman Kerja terhadap Kompetensi Guru SMA Negeri Kota Gunung Sitoli. Jurnal Ilmu Administrasi Negara Dinamika Governance. Volume 11 Nomor 2 Halaman 402-414.
DOI: http://dx.doi.org/10.31258/jmp.12.3.p.486-500
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.