Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar kontribusi (1) kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru, (2) motivasi guru terhadap kinerja guru, (3) kompetensi guru terhadap kinerja guru, (4) kepemimpinan kepala sekolah dan motivasi guru terhadap kinerja guru, (5) kepemimpinan kepala sekolah dan kompetensi guru terhadap kinerja guru , (6) motivasi dan kompetensi guru terhadap kinerja guru, (7) kepemimpinan kepala sekolah, motivasi dan kompetensi guru terhadap kinerja guru SMA Negeri di kecamatan Tanah Putih. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan teknik korelasional. Sampel adalah seluruh populasi yang berjumlah 85 orang guru diperoleh dengan teknik total sampling. Analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif, analisis statistik infrensial dan pengujian hioptesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat kontribusi yang signifikan : (1) kepemimpian kepala sekolah terhadap kinerja guru sebesar 36,3%, (2) motivasi guru terhadap kinerja guru sebesar 43,7%(3), (3) kompetensi guru terhadap kinerja guru sebesar 50,3%, (4) kepemimpinan kepala sekolah dan motivasi guru terhadap kinerja guru sebesar 54,0%, (5) kepemimpinan kepala sekolah dan kompetensi guru terhadap kinerja guru sebesar 63,3%, (6) Motivasi dan kompetensi guru terhadap kinerja guru sebesar 60,6%, (7) kepemimpinan kepala sekolah, motivasi dan kompetensi guru terhadap kinerja guru sebesar 67,5%. Variabel kompetensi guru memberikan sumbangan efektif terbesar di antara ketiga variabel bebas tersebut terhadap kinerja guru SMA Negeri di kecamatan Tanah Putih. Hal ini berarti bahwa tinggi rendahnya kinerja guru di SMA Negeri kecamatan Tanah Putih dapat dipengaruhi oleh kepemimpinan kepala sekolah, motivasi, dan kompetensi guru.
Keywords
Kepemimpinan Kepala Sekolah; Motivasi Guru; Kompetensi Guru; Kinerja Guru
References
Robbins, Stephen P. 2003. Perilaku Organisasi. Index. Jakarta
Salsabila, Ainia & Prayudiawan, Hepi (2011). “Pengaruh Akuntabilitas, Pengetahuan Audit dan Gender terhadap Kualitas Hasil Kerja Auditor Internal (Studi Empiris Pada Inspektorat Wilayah Provinsi DKI Jakarta)” . Jurnal Telaah & Riset Akuntansi, Vol.4. No.1 Juli 2011)
Wahyudi,2012. Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Organisasi Pembelajar (Learning Organization). Bandung, Penerbit Alfabeta.
Wibowo, 2016. Manajemen Kinerja, Edisi kelima. Jakarta, Raja Grafindo Persada.
Uno, Hamzah B. & Lamatenggo, Nina, 2015. Teori Kinerja dan Pengukurannya. Jakarta, Bumi Akasara.
.