PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN DAN IKLIM ORGANISASI TERHADAP KUALITAS PELAYANAN DI DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN KUANTAN SINGINGI

Ina Merdekawati, Rr. Sri Kartikowati, Azhar Azhar

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh gaya kepemimpinan dan iklim organisasi terhadap kualitas pelayanan di dinas pendidikan kabupaten kuantan singingi. Penelitian ini menggunakan metode survey. Teknik pengumpulan data menggunakan angket / kuesioner. Populasi berjumlah 62 orang Pegawai Dinas Pendidikan Kabupaten Kuantan Singingi dan diperoleh sampel 54 orang, diambil secara acak dengan menggunakan random sampling tecnique. Analisis data menggunakan uji normalitas, uji linieritas, dan uji hipotesis dengan menggunakan korelasi pearson product moment (r), koefisien determinan (KD) dan regresi liniear berganda. Hasil temuan penelitian ini adalah ; (1) Terdapat pengaruh langsung gaya kepemimpinan terhadap kualitas pelayanan di Dinas Pendidikan Kabupaten Kuantan Singingi, bila gaya kepemimpinan ditingkatan 100%, akan menyebabkan perubahan peningkatan pada kualitas pelayanan, sebesar 95,1% (2) Terdapat pengaruh langsung iklim organisasi terhadap kualitas pelayanan di Dinas Pendidikan Kabupaten Kuantan Singingi, bila iklim organisasi ditingkatan 100%, akan menyebabkan perubahan peningkatan pada kualitas pelayanan sebesar 94,7% (3) Terdapat pengaruh langsung gaya kepemimpinan dan iklim organisasi terhadap kualitas pelayanan di Dinas Pendidikan Kabupaten Kuantan Singingi, bila gaya kepemimpinan dan iklim organisasi di Dinas Pendidikan Kuantan Singingi ditingkatan 100%, menyebabkan perubahan peningkatan pada kualitas pelayanan sebesar 96%. Variabel gaya kepemimpinan dan iklim organisasi baik secara sendiri maupun bersama-sama mempunyai pengaruh langsung terhadap kualitas pelayanan didinas pendidikan kabupaten kuantan singingi.

Keywords


Gaya Kepemimpinan; Iklim Organisasi; Kualitas Pelayanan

Full Text:

PDF

References


Arikonto , Suharsimi. 2006. Menejemen Penelitian. Edisi revisi. Jakarta ; Rineka Cipta.

ArthaWijaya, I Gede. 2016. Pengaruh Gaya Kepemimpinan dan Iklim Organisasi

Kepuasan Karyawan Di Kantor Inspektorat Kabupaten Badung. Jurnal Manajemen Unud, (6)1:463-491.

Buchori. 2004. Motivasi dan Produktivitas Kerja. Jakarta: Rineka Cipta.

Darmawan, Didit. 2013. Prinsip-Prinsip Perilaku Organisme. Surabaya: Pena Semesta.

Davis, Keith dan Newstrom, John W. 1989. Human Behavior at Work. Singapore : McGraw-Hill.

Dawis. 1996. Perilaku dalam Organisasi. Terjemahan Agus Dharma. Jakarta : Penerbit Erlangga.

Elfitri, Rizia. Kepuasan Kerja Pegawai di Direktorat Pengawasan Bank 3. Tesis. Jakarta : Universitas Indonesia.

Fathoni, Abdurrahmat. 2006. Organisasi dan Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta : Rinerka Cipta.

Maslow, Abraham. 1994. Motivasi dan Kepribadian. Jakarta: Pustaka Banawan.

Mathis Robert L dan Johnt H.Jackson. 2006. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta : Salemba Empat.

Moekijat. 1991. Manajemen Kepegawaian. Bandung : Alumni.

Moenir. 2002. Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia. Jakarta : Bumi Aksara.

Popham. 2001. Iklim Organisasi Sekolah. Yogyakarta : Studing.

Riduwan, dkk. (2013). Cara menggunakan dan memakai (PATH ANALYSIS). Bandung : Alfabeta

Syptak, Michael, et.al. job Satisfaction : Putting Theory Into Practice. http://www.aafp.org/fpm/991000fm/26.html.




DOI: http://dx.doi.org/10.31258/jmp.6.2.p.211-220

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.