PENGARUH LINGKUNGAN KERJA DAN KEPUASAN KERJA TERHADAP KINERJA GURU SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) NEGERI DI KECAMATAN BANGKINANG KOTA KABUPATEN KAMPAR

An Akbar Putra, Fadly Azhar, Gimin Gimin

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Pengaruh Lingkungan Kerja dan Kepuasan Kerja terhadap Kinerja Guru Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri di Kecamatan Bangkinang Kota Kabupaten Kampar. Penelitian ini bersifat kuantitatif, Sampel penelitian adalah 106 orang, dan data dikumpulkan dengan angket lima pilihan. Data dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian didapatkan pengaruh yang signifikan antara variabel Lingkungan Kerja terhadap Kinerja Guru Sekolah Menengah Pertama, dan diperoleh pengaruh yang signifikan antara variabel Kepuasan Kerja terhadap Kinerja Guru. Selain itu, terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel Lingkungan Kerja dan Kepuasan Kerja terhadap kinerja guru sekolah menengah pertama. Temuan ini menyimpulkan bahwa semakin baik Lingkungan Kerja dan Kepuasan Kerja terhadap Kinerja Guru Sekolah Menengah Pertama, maka Kinerja Guru Sekolah Menengah Pertama akan semakin baik. Penelitian ini diharapkan berguna untuk perbaikan Kinerja Guru dalam melaksanakan kewajibannya ketika melakukan kegiatan pembelajaran dan membina peserta didik di sekolah.

Keywords


Lingkungan Kerja; Kepuasan Kerja; Kinerja Guru Sekolah Menengah Pertama

Full Text:

PDF

References


Ainsworth Andrew. (2006). Profil analysis equations. http://www. edu/ata20315/docs/pys524%20lecture%2013%20profile1.ppt

Davis, Keith dan Kohn W. Newstrom, Agus Dharma (pent). (2011). Perilaku Dalam Organisasi. Jakarta : Erlangga.

Gibson James Livancevich, John and Donnelly, James H. (1997). Organisasi dan Manajemen Perilaku Struktur Proses. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Kusnadi. (2003). Strategi Adaptasi DanJaringan Sosial. Bandung: Humaniora Utama Press.

Nitisemito Alex S, (2000). Manajemen Personalia. Jakarta: Ghalia Indonesia,.

Parlinda, dkk. (2003). Pengaruh Kepemimpinan, Motivasi, Pelatihan, dan Lingkungan Kerja terhadap Kinerja karyawan pada Daerah Air Minum Surakarta. Jurnal Data Saing. Vol 4, No.2. Hal 135-143

Robbins, Stephen P. (1997). Perilaku Organisasi: Konsep, Kontroversi, Aplikasi. Edisi Bahasa Indonesia. Jilid 1. Jakarta: PT. Prehallindo.

Sedarmayanti, (2001). Pengaruh Lingkungan Kerja, Kepuasan Kerja Dan Kompensasi Terhadap Kinerja Karyawan Pada Pt. Bank Sulut Cabang Air madidi. Indikator Lingkungan kerja. dalam: https://ejournal.unsrat. ac. id/index. php/ emba/article/view/6566/6089.

Siagian Sondang P. (2002). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.

Sinambela Lijan Poltak dkk. (2012). Kinerja Pegawai. Yogyakarta: Graha Ilmu’

Sugiyono. (2009). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: CV. Alfabeta

Supardi. (2013). Metodologi Penelitian Bisnis. Jakarta: Ed.1- Cetakan ke.1, PT.Raja Grafindo.

Undang-undang RI No. 14 tahun 2005. Guru dan Dosen. Jakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.31258/jmp.7.1.p.1-8

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.