PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA GURU SD ISLAM AS-SHOFA PEKANBARU

Burnalis Burnalis, Rr. Sri Kartikowati, Murni Baheram

Abstract


Tujuan Penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh kompetensi pedagogik dan motivasi kerja terhadap kinerja guru. Penelitian ini dilaksanakan di SD Islam As-Shofa Pekanbaru. Jenis penelitian kuantitatif ini memperoleh data dari responden sebanyak 60 orang guru. Data diambil dengan menggunakan kuesioner (angket), kemudian data dianalisis dengan regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat  pengaruh positif dan signifikan kompetensi pedagogik terhadap kinerja guru dengan nilai koefisien korelasi r = 0,784 dan determiniasi sebesar r2 = 0,615 (61,5% ), (2) terdapat pengaruh positif dan signifikan motivasi kerja terhadap kinerja guru dengan nilai koefisien korelasi r = 0,709 dan determinasinya r2 = 0,503 (50,3%), dan  (3) terdapat pengaruh positif dan signifikan kompetensi pedagogik dan motivasi kerja secara bersama-sama terhadap kinerja guru dengan nilai koefisien korelasi r = 0,844 dan determinasinya r2 = 0,712 (71,2%). Dengan demikian pengaruh kompetensi pedagogik dan motivasi kerja terhadap kinerja guru kategori tinggi. Peneliti menyarankan perlu dilakukan upaya peningkatan mutu guru secara terus menerus, dengan melaksanakan tugas pokok dan fungsinya, melakukan perbaikan dan evaluasi terhadap kinerja guru serta meningkatkan motivasi dan semangat yang tinggi untuk bekerja.

Keywords


Kompetensi Pedagogik; Motivasi Kerja; Kinerja Guru

Full Text:

PDF

References


Ahmad S. Ruky, (2001). Sistem Manajemen Kinerja, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

Budi Hartana. (2013). Pengaruh Kompetensi Pedagogik, Kompetensi Profesional, Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru. Jurnal Ilmu Ekonomi dan Sosial. ISSN 23019263 Jakarta: Universitas Mercu Buana

Djaali. (2011). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Dodi Rijal Umami, Erny Roesminingsih. (2014). Pengaruh Kompetensi Pedagogik dan Motivasi Kerja Guru Terhadap Prestasi Belajar Siswa dalam Ujian Nasional (UN) DI sma Negeri se Kota Mojokerto. Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan, Vol.3, Januari 2014, hlm.81-88

Fachruddin Saudagar. (2009). Pengembangan Profesional Guru. Jakarta: Gaung Persada

Hamzah B. Uno. (2007). Teori Motivasi & Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara

Hamzah B. Uno. (2008). Profesi Kependidikan (Problema, Solusi, dan Reformasi Pendidikan di Indonesia). Jakarta: Bumi Aksara

Jamil Suprihatiningrum, (2012). Guru Profesional (Pedoman Kinerja, Kualifikasi, & Kompetensi Guru). Yogyakarta: Ar-Ruzz Media

Jurnal Uhar Suharsaputra. (2010). Administrasi Pendidikan. Bandung: Refika Aditama

Kunandar. (2007). Guru Profesional. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Lilik Sriyanti. (2013). Psikilogi Belajar. Yogyakarta: Ombak Dua Malayu

Marwansyah. (2014). Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: Alfabeta

Maryam. (2015). Pengaruh Kompetensi Pedagogik dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Mengajar pada Dosen Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Dakwah (FUAD) di IAIN Bengkulu Jurnal,

Rachman Halim Yustiyawan. (2014). Pengaruh Motivasi dan Kompetensi Profesional Guru yang Bersertifikasi terhadap Kinerja Guru di SMP Negeri 1 Surabaya. Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan, Vol. 3. No. 3

Riduwan. (2012). Cara Menggunakan dan Memaknai Path Analysis. Bandung: Alfabeta

Sahertian Piet. (2000). Konsep Dasar dan Teknik Supervisi Pendidikan dalam Rangka Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jakarta: Rineka Cipta

Sardiman. (2011). Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Schunk, Pintrich, Meece, (2008). Motivation in Education, (New Jersey: Merrill Prentice Hall

S.P. Hasibuan. (2014). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara

Stephen Robins, Timothy A. Judge, (penerjemah Ratna Saraswati dan Fabriella Sirait). (2015). Perilaku Organisasi. Jakarta: Salemba Empat

Sudarmanto. (2009). Kinerja dan Pengembangan Kompetensi SDM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sugiyono, (2014). Metode Penelitian Manajemen. Bandung: Alfabeta

Sunarto. (2016). Dinamika Jurnal Praktik Penelitian Tindakan Kelas Pendidikan Dasar dan Menengah Vol.6 No.2

Suyanto dan Asep Jihad. (2013). Menjadi Guru Profesional. Jakarta: Erlangga

Syaiful Bahri Djamarah. (2000). Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif. Jakarta:Rineka Cipta

Syamsul Bahri. (2011). Faktor YangMempengaruhi Kinerja Guru SD di Dataran Tinggi Moncong Kabupaten Gowa Provinsi Sulawesi Selatan.

Uyoh Sadulloh. (2009). Pedagogik. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Departemen Agama Islam Republik Indonesia

Wibowo. (2014). Manajemen Kinerja. Jakarta: Rajawali Pers




DOI: http://dx.doi.org/10.31258/jmp.7.1.p.9-25

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.