PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK DAN KEPUASAN KERJA TERHADAP KINERJA GURU SMP NEGERI DI KECAMATAN BANGKINANG KOTA KABUPATEN KAMPAR

Kiki Elviora Vrismatia, Zulkarnaini Zulkarnaini, Caska Caska

Abstract


Penelitian yang bersifat eksplanatif ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh: 1) kompetensi pedagogik terhadap kinerja guru, 2) kepuasan kerja terhadap kinerja guru, dan 3) kompetensi pedagogik dan kepuasan kerja secara simultan / bersama-sama terhadap kinerja guru. Data dalam penelitian ini  dikumpulkan dengan menggunakan instrumen berbentuk kuesioner / angket. Sebelum data dikumpulkan, di adakan uji coba terlebih dahulu untuk memastikan tes yang akan dilakukan bagus dan valid. Angket uji coba  yang dinyatakan valid yaitu >rhitung = 0.361 dan angket uji coba yang tidak valid <rhitung = 0.361. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri di Kecamatan Bangkinang Kota Kabupaten Kampar.Populasi dalam penelitan ini sebanyak 145 orang guru dengan sampel diperoleh sebanyak 106 orang guru.Sampel didapatkan dengan menggunakan teknik simple random sampling.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei dengan teknik analisis regresi berganda dengan bantuan SPSS versi 17.Berdasarkan hasil penelitian dengan uji T diketahui bahwa: 1) tidak terdapat pengaruh antara kompetensi pedagogik terhadap kinerja guru dengan hasil 0,377 > ttabel = 1,659, 2) tidak terdapat pengaruh antara kepuasan kerja terhadap kinerja guru dengan hasil 0,638 > ttabel = 1,659, dan 3) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara variabel kompetensi pedagogik dan kepuasan kerjasecara simultan / bersama-sama terhadap kinerja guru secara simultan / bersama-sama terhadap kinerja guru dengan hasil uji F adalah Fhitung> Ftabel (3,626 > 3,08).

Keywords


Kompetensi Pedagogik; Kepuasan Kerja; Kinerja Guru

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta.

Ghazali, Imam. (2008). Model Persamaan Struktural Konsep & Aplikasi Dengan Program AMOS 16,0. Semarang : Universitas Diponegoro.

Hasan, Iqbal. (2006). Analisis data Penelitian Dengan Statistik. Jakarta: Bumi Aksara.

Isjoni. (2010). Pengembangan Profesionalisme Guru.Pekanbaru : Cendikian Insani.

Janawi. (2011). Kompetensi Guru Citra Guru Profesional. Jakarta : CV Alfabeta.

Kunandar. (2010). Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Persiapan Menghadapi Sertifikasi Guru. Jakarta : PT Raja Grafindo.

Permendiknas. (2015). Undang-Undang Guru dan Dosen UU RI No 14 Tahun 2005. Jakarta : Sinar Grafika.

Riduwan. (2011). Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru Karyawan dan Peneliti Pemula.Bandung : Alfabeta.

Soegeng. (2012). Pengembangan Sistem Pembelajaran. Semarang : IKIP

Undang-Undang RI No. 14 (2005) Pasal 1 dan Pasal 8. Tentang Guru dan Dosen (Mengenai Tugas dan Kualifikasi Tenaga Kependidikan). Jakarta : Dharma Bakti.

Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional. 2003. Bandung : Citra Umbara




DOI: http://dx.doi.org/10.31258/jmp.7.1.p.68-75

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.