KONTRIBUSI KUALIFIKASI AKADEMIK DAN PROFESIONALISME TERHADAP PENGEMBANGAN KARIR GURU SMP DI KABUPATEN BENGKALIS

Zulkifli Zulkifli, Caska Caska, Zulkifli N Zulkifli N

Abstract


Penelitian ini adalah desain korelasional yang melibatkan tiga variabel. Mereka adalah Kualifikasi Akademik Guru (X1), Profesionalisme (X2), dan Pengembangan Karier (Y). Ada 83 guru dari SMP Negeri di Kabupaten Bengkalis dan Bantan-Kabupaten Bengkalis dari total populasi 474 guru dari semua SMP di kabupaten ini. Sampel dipilih menggunakan teknik simple random sampling. Kuesioner diberikan yang terdiri dari rincian pribadi guru dan tiga variabel lain yang menarik. Kuesioner ini dirancang untuk mengumpulkan persepsi guru tentang kualifikasi akademik, profesionalisme, dan pengembangan karir mereka menggunakan Skala Likert. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan inferensial dengan dukungan perangkat lunak SPSS Versi 17 untuk Windows. Hasil statistik deskriptif menunjukkan bahwa skor rata-rata kualifikasi akademik guru variabel adalah 35,29 yang dikategorikan rendah, dan skor rata-rata profesionalisme guru variabel adalah 83,41 yang dikategorikan tinggi. Analisis korelasional menunjukkan variabel kualifikasi akademik (X_1) memiliki Asymp signifikansi 0,000 yang diuji dalam prosedur signifikan 2-tailed dan menghasilkan nilai alpha (α / 2 = 0,025.) Infact, kesimpulan dapat ditarik bahwa ada korelasi yang signifikan antara kualifikasi akademik dan pengembangan karir guru di Kabupaten Bengkalis. Prosedur statistik yang serupa juga digunakan dalam analisis variabel Profesiisme Guru (X_2) terhadap pengembangan karier guru. Nilai signifikan 0,000 adalah hasil dari analisis korelasional antara profesionalisme guru dan pengembangan karir mereka. Itu diuji dengan α = 5% (0,05). Tes juga terlihat dengan nilai α / 2, yaitu 0,025. Nilai koefisien 0,000 <0,025 (koefisien lebih besar dari nilai α). Dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara profesionalisme guru dan pengembangan karir mereka di Kabupaten Bengkalis. Berdasarkan tabel ringkasan model, analisis regresi berganda variabel X_1 dan X_2 terhadap variabel (Y) memiliki nilai signifikan = 0,000, dimana α / 2 = 0,025. Jika koefisien dibandingkan dengan nilai α, jelas 0,000 <0,025, jadi, H_o ditolak, tetapi H_a diterima. Jadi, keputusan dapat diambil, Ada korelasi simultan antara variabel kualifikasi akademik dan profesionalisme guru pada pengembangan karir guru.

Keywords


Pengembangan Karir; Kualifikasi Akademik; Profesionalisme Guru; Regresi Berganda; Skala Likert

Full Text:

PDF

References


A. Ivanovic. Dictionary of Human Resources and Personnel Management. (London: A & C Black Publishers Ltd.).

Aas Saomah. Makalah Tentang Pengembangan Karir Guru dan Konselor

Allan, C. Ornstein, Foundations of Educations, Houghton Mifflin Company, USA, (2008)

Fautino Cardoso Gomes. Manajemen Sumber Daya Manusia. (Yogyakarta: Andi Offset. 2003)

Kurikulum Berbasis Kompetensi untuk Menciptakan Lifelong Learners (Jakarta: Penerbit Indonesian Heritage Foundation, 2005)

Kunandar, Guru Profesional, Implemetasi KTSP dan Sukses Dalam Sertifikasi, Rajawali Pers, Jakarta

Linda Darling Hammond, Preparing Principals for A Changing World (USA: Penerbit Jossey-Bass, 2010)

M.Uzer Usman, Menjadi Guru Professional (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2010)

Suwatno, Donni Juni Priansa. Manajemen SDM Dalam Organisasi Publik dan Bisnis (Bandung:Alafabeta)

Robert L Malthis dan John H. Jackson, Human Resource Management (Jakarta: Salemba Empat)

Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional No. 20 Tahun 2003, Bab III Pasal 4 Ayat 1-6.

Ratna Megawangi, Melly Latifah, dan Wahyu Farrah Dina, Pendidikan Holistik: Applikasi

Robert L Malthis dan John H. Jackson, Human Resource Management (Jakarta: Salemba Empat)

Suwatno, Donni Juni Priansa. Manajemen SDM Dalam Organisasi Publik dan Bisnis (Bandung:Alafabeta)

Robert l. Mathis and John H. Jackson. Human Resource Management (USA: Cencage Learning.2010)

Sanusi Sagala, Kemampuan Profesional Guru dan Tenaga Kependidikan (Bandung: Alfabeta, 2011)

Yehuda Baruch. Managing Careers: Theory and Practice.(London: Prentice Hall.2004)

Wendy Paton. Career Development Program: Preparation for lifelong career decision making. (Australia: Ligare Pty Ltd. 2001)

UU No 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen Pasal 10 Ayat 1 PP No 74 Tahun 2008 Tentang Guru Pasal 1 ayat 2

Sanusi Sagala, Kemampuan Profesional Guru dan Tenaga Kependidikan (Bandung: Alfabeta, 2011), h. 17.

Zorlu Senyucel, Managing the Human Resource In 21st Century, (USA: Ventus Publishing. (2009)




DOI: http://dx.doi.org/10.31258/jmp.7.1.p.129-145

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.