PENGARUH SUPERVISI KEPALA SEKOLAH DAN KINERJA GURU TERHADAP MUTU PENDIDIKAN PADA SEKOLAH DASAR DI KOTA PEKANBARU

Marwati Marwati, Hadriana Hadriana, Suarman Suarman

Abstract


Tolak ukur sebuah pendidikan suatu negara adalah mutu pendidikannya, melalui mutu pendidikan ini kita juga akan mengetahui kualitas pendidikan pada setiap jenjang pendidikan. Salah satu indikator yang dijadikan tolak ukur mutu pendidikan adalah ujian akhir sekolah berstandar nasional (UASBN). Untuk menjaga terlaksananya mutu pendidikan yang baik maka diperlukan kinerja guru yang baik, seterusnya kinerja guru yang baik diperlukan peranan supervisi kepala sekolah yang baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis tentang pengaruh supervaisi kepala sekolah dan kinerja guru terhadap mutu pendidikan. Metode  penelitian ini adalah penelitian kausal dengan sampel penelitian adalah guru kelas enam sekolah dasar negeri di Kota Pekanbaru dengan jumlah 60 orang. Data yang digunakan adalah hasil ujian akhir sekolah berstandar nasional (UASBN) tahun ajar 2016/2017, data kegiatan supervisi kepala sekolah, dan kinerja guru. Instrumen yang digunakan adalah angket kegiatan supervisi kepala sekolah dan kinerja guru. Teknik pengumpulan data mengunakan angket dan dokumentasi. Teknik analisis penelitian ini menggunakan analisis regresi liner berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (a) supervisi kepala sekolah berpengaruh secara signifikan dengan skor signifikan 0,009 < 0,05; (b) kineja guru berpengaruh secara signifikan dengan skor signifikan 0,005 < 0,05; dan (c) supervisi kepala sekolah dan kinerja guru berpengaruh secara bersama terhadap mutu pendidikan dengan skor signifikan 0,000 > 0,05. Berdasarkan analisis data hasil penelitian, maka simpulan dalam penelitian ini bahwa supervisi kepala sekolah dan kinerja guru secara bersama-sama memberikan pengaruh kepada mutu pendidikan di sekolah dasar negeri di Pekanbaru

Keywords


Supervisi Kepala Sekolah; Kinerja Guru; Mutu Pendidikan; Sekolah Dasar

Full Text:

PDF

References


Ankoma-Sey, Vera Rosemary & Bashir Maina. (2016). The Role of Effective Supervision on Academic Performance of Senior High Schools in Ghana. Journal of Art and Humanities Vol. 05, No. 04: 73-83.

Asmuni. (2013). Konsep Mutu dan Total Quality Manajemen (TQM) dalam Dunia Pendidikan. Jurnal Ta’dib Volume XVIII, No. 1 Edisi Juni 2013.

Baktinia, Nyi R. Tedja Gurat. (2012). Pengaruh Supervisi Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru Dan Hasil Belajar Siswa: (Studi tentang Pengaruh Supervisi Kepala Sekolah SMP terhadap Kinerja Guru dan Hasil Belajar Siswa pada SMPN di Lingkungan Dinas Pendidikan Kota Bandung). Tesis. Sekolah Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia.

Ghani, Abd. Rahman A. (2017). Pengaruh Supervisi Kepala Sekolah dan Motivasi Kerja terhadap Disiplin Guru Sekolah Menengah Kejuruan Negeri di Jakarta Selatan. The 1st UICIHSS. Hal 211-219.

Gultom, Syawal (2012). Ujian Nasional Sebagai Wahana Evaluasi Pengembangan pendidikan Karakter Bangsa. Disajikan dalam Seminar Nasional yang Diselenggarakan oleh Program Pascasarjana UNY bekerjasama dengan HEPI D.I. Yogyakarta, tanggal 12 Mei 2012.

Maryono. (2011). Dasar-Dasar Teknik Menjadi Supervisor Pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Mulayasa, H.E. (2017). Manajemen dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.

Nurhidayah, S., Haryono, A. T., & Hasiholan, L. B. (2016). Pengaruh Program Life Skills, Fasilitas Sekolah dan Kemampuan Guru Terhadap Motivasi Siswa untuk Meningkatkan Prestasi (Study Empiris Pada Siswa Kelas XI SMA PGRI 2 Kayen). Journal of Management, 2 (2).

Priansa, Donni Junni. (2014). Kinerja dan Profesionalisme Guru. Bandung: Alfabeta.

Rismawan, Edi. (2015). Pengaruh Supervisi Kepala Sekolah Dan Motivasi Berprestasi Guru Terhadap Kinerja Mengajar Guru. Jurnal Administrasi Pendidikan Vol.XXII No.1 April 2015.

Sallis, Edward. (2010). Total Quality Management in Education, Manajemen Mutu Pendidikan. Cetakan ke.XI. Jogjakarta: IRCiSoD.

Sidi. (2001). Pelayanan Profesional, Kegiatan Belajar-Mengajar yang Efektif. Jakarta: Puskur Balitbang Depdiknas.

Suyadi. (2004). Filosofi Baru Tentang Manajemen Mutu Terpadu.

Jakarta: Rineka Cipta

Syarif, H. Maryadi. (2011). Pengaruh Komunikasi Interpersonal dan Supervisi Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru. Media Akademika, Vol. 26, No. 1, Januari 2011. Hal. 125-137.

Trianda, Subranur Tesa, Yoseph Thomas dan Achmadi. (2014). Pengaruh Kinerja Guru Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di SMA. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Vol. 3 No. 10. http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/7395

Umar. (2008). Metode Penelitian Untuk Skripsi dan Tesis Bisnis. Jakarta. PT Rajagrafindo Persada

Wibowo, Da’i. (2009). Pengaruh Supervisi Kepala Sekolah dan Kompetensi Pedagogik Guru Terhadap Kinerja Guru SD Negeri Kecamatan Kersana Kabupaten Brebes. Tesis. Program Pascasarjana Program Studi Manajemen Pendidikan. Universitas Negeri Semarang.




DOI: http://dx.doi.org/10.31258/jmp.7.2.p.222-237

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.