PENGARUH SUPERVISI KEPALA SEKOLAH DAN KINERJA GURU TERHADAP MUTU PENDIDIKAN PADA SEKOLAH DASAR DI KOTA PEKANBARU
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ankoma-Sey, Vera Rosemary & Bashir Maina. (2016). The Role of Effective Supervision on Academic Performance of Senior High Schools in Ghana. Journal of Art and Humanities Vol. 05, No. 04: 73-83.
Asmuni. (2013). Konsep Mutu dan Total Quality Manajemen (TQM) dalam Dunia Pendidikan. Jurnal Ta’dib Volume XVIII, No. 1 Edisi Juni 2013.
Baktinia, Nyi R. Tedja Gurat. (2012). Pengaruh Supervisi Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru Dan Hasil Belajar Siswa: (Studi tentang Pengaruh Supervisi Kepala Sekolah SMP terhadap Kinerja Guru dan Hasil Belajar Siswa pada SMPN di Lingkungan Dinas Pendidikan Kota Bandung). Tesis. Sekolah Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia.
Ghani, Abd. Rahman A. (2017). Pengaruh Supervisi Kepala Sekolah dan Motivasi Kerja terhadap Disiplin Guru Sekolah Menengah Kejuruan Negeri di Jakarta Selatan. The 1st UICIHSS. Hal 211-219.
Gultom, Syawal (2012). Ujian Nasional Sebagai Wahana Evaluasi Pengembangan pendidikan Karakter Bangsa. Disajikan dalam Seminar Nasional yang Diselenggarakan oleh Program Pascasarjana UNY bekerjasama dengan HEPI D.I. Yogyakarta, tanggal 12 Mei 2012.
Maryono. (2011). Dasar-Dasar Teknik Menjadi Supervisor Pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Mulayasa, H.E. (2017). Manajemen dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.
Nurhidayah, S., Haryono, A. T., & Hasiholan, L. B. (2016). Pengaruh Program Life Skills, Fasilitas Sekolah dan Kemampuan Guru Terhadap Motivasi Siswa untuk Meningkatkan Prestasi (Study Empiris Pada Siswa Kelas XI SMA PGRI 2 Kayen). Journal of Management, 2 (2).
Priansa, Donni Junni. (2014). Kinerja dan Profesionalisme Guru. Bandung: Alfabeta.
Rismawan, Edi. (2015). Pengaruh Supervisi Kepala Sekolah Dan Motivasi Berprestasi Guru Terhadap Kinerja Mengajar Guru. Jurnal Administrasi Pendidikan Vol.XXII No.1 April 2015.
Sallis, Edward. (2010). Total Quality Management in Education, Manajemen Mutu Pendidikan. Cetakan ke.XI. Jogjakarta: IRCiSoD.
Sidi. (2001). Pelayanan Profesional, Kegiatan Belajar-Mengajar yang Efektif. Jakarta: Puskur Balitbang Depdiknas.
Suyadi. (2004). Filosofi Baru Tentang Manajemen Mutu Terpadu.
Jakarta: Rineka Cipta
Syarif, H. Maryadi. (2011). Pengaruh Komunikasi Interpersonal dan Supervisi Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru. Media Akademika, Vol. 26, No. 1, Januari 2011. Hal. 125-137.
Trianda, Subranur Tesa, Yoseph Thomas dan Achmadi. (2014). Pengaruh Kinerja Guru Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di SMA. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Vol. 3 No. 10. http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/7395
Umar. (2008). Metode Penelitian Untuk Skripsi dan Tesis Bisnis. Jakarta. PT Rajagrafindo Persada
Wibowo, Da’i. (2009). Pengaruh Supervisi Kepala Sekolah dan Kompetensi Pedagogik Guru Terhadap Kinerja Guru SD Negeri Kecamatan Kersana Kabupaten Brebes. Tesis. Program Pascasarjana Program Studi Manajemen Pendidikan. Universitas Negeri Semarang.
DOI: http://dx.doi.org/10.31258/jmp.7.2.p.222-237
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.