PENGARUH IKLIM SEKOLAH DAN SUPERVISI AKADEMIK TERHADAP KINERJA GURU SEKOLAH DASAR NEGERI SEKECAMATAN RUMBAI KOTA PEKANBARU

Prioctadebi Nas, Muhammad Nasir, Fakhri Ras

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh iklim sekolah terhadap kinerja guru, supervisi akademik terhadap kinerja guru, iklim sekolah dan supervisi akademik secara bersama-sama terhadap kinerja guru. Responden penelitian adalah Guru Sekolah Dasar di Kecamatan Rumbai Kota Pekanbaru yang berjumlah 136 orang. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran angket sebagai instrumen penelitian. Analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif, analisis statistik inferensial dan pengujian hipotesis. Koefisien reliabilitas instrumen dihitung menggunakan rumus alpha cronbach. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh signifikan antara iklim sekolah terhadap kinerja guru sebesar 0,430, dan terdapat pengaruh signifikan antara supervisi akademik terhadap kinerja guru sebesar 0,339. Sedangkan secara bersama-sama terdapat pengaruh iklim sekolah dan supervisi akademik terhadap kinerja guru sebesar 0,484

Keywords


Iklim Sekolah; Supervisi Akademik; Kinerja Guru

Full Text:

PDF

References


A.A. Anwar Prabu Mangkunegara. (2009). Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Ahmad Ruky. (2000). Sistem Manajemen Kinerja. Jakarta: Gramedia.

Barnawi dan Muhammad Arifin. (2012). Kinerja Guru Profesional. Jakarta: Ar-ruzz media.

Departemen Pendidikan Nasional, (2007). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 13 / 2007 tanggal 17 April 2007 tentang Standar Kepala Sekolah/Madrasah, Jakarta: BNSP

E. Mulyasa, (2004). Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung: Remaja Rosdakarya Offset

E. Mulyasa. (2011). Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Hamzah B. Uno dan Nina Lamatenggo. (2002). Teori kinerja dan pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.

Kompri, (2015). Manajemen Pendidikan. Jilid 1, Bandung: Alfabeta.

Mantja, W, (2002). Manajemen Pendidikan dan Supervisi Pengajaran. Malang: Wineka Media

M. Ngalim Purwanto. (2003). Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Cetakan kedua belas, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Ngalim Purwanto. (2003). Psikologi Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Sudjana, Nana. (2004). Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung :Sinar Baru Algensido Offset.

Permendiknas No. 41 Tahun 2007 tentang Standar Proses Untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah

Riduwan dan Engkos, (2012). Path Analisis (Analisis Jalur). Bandung : Alfabeta

Robert L Mathis dan Jonh Jackson, (2001). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Salemba Empat.

Sugiono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Cetakan ke- 14, Bandung: Alfabeta.

Undang Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Umiarso dan Wahab, Abd, (2010). Kepemimpinan Pendidikan dan Kecerdasan Spiritual. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Wibowo. (2014). Manajemen Kinerja. Cetakan ke-4, Edisi keempat, Jakarta: Raja Grafindo Persada

Wirawan. (2013). Kepemimpinan: Teori, Psikologi, Perilaku, Organisasi, Aplikasi dan Penelitian. Cetakan Ke- 1, Jakarta: Raja Grafido Persada.

Yukl Gary, (2010). Kepemimpinan dalam organisasi edisi ke-5 . Jakarta Barat: PT. Indeks




DOI: http://dx.doi.org/10.31258/jmp.7.2.p.238-247

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.