KONTRIBUSI KEPEMIMPINAN VISIONER DAN KECERDASAN EMOSIONAL KEPALA SEKOLAH TERHADAP OPTIMISME GURU BIDANG STUDI BAHASA INGGRIS DI KECAMATAN TEBING TINGGI KEPULAUAN MERANTI RIAU

Septia Ristanti, Daeng Ayub Natuna, Fadly Azhar

Abstract


Tujuan utama penelitian ini adalah untuk menganalisis kontribusi kepemimpinan visioner,  kecerdasan emosional kepala sekolah terhadap optimisme guru bidang studi Bahasa Inggris, di Kecamatan Tebing Tinggi, Kepulauan Meranti, Riau. Penelitian ini bersifat kuantitatif, Sampel penelitian adalah 88 orang, dan data dikumpulkan dengan angket lima pilihan. Data dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian adalah didapatkan kontribusi yang signifikan antara variabel kepemimpinan visioner  terhadap optimisme guru bidang studi Bahasa Inggris,  dan diperoleh kontribusi yang signifikan antara variabel kecerdasan emosional kepala sekolah terhadap optimisme guru bidang studi Bahasa Inggris.  Selain itu, terdapat kontribusi yang signifikan antara variabel kepemimpinan visioner  dan kecerdasan emosional kepala sekolah terhadap optimisme guru bidang studi Bahasa Inggris. Temuan ini menyimpulkan bahwa semakin baik persepsi guru terhadap kepemimpinan visioner  dan kecerdasan emosional kepala sekolah, maka optimisme guru bidang studi Bahasa Inggris akan semakin baik. Penelitian ini diharapkan berguna untuk perbaikan kinerja serta optimisme guru dalam melaksanakan kewajibannya ketika melakukan kegiatan pembelajaran dan membina peserta didik di sekolah.

Keywords


Optimisme; Kecerdasan Emosional;, Kepemimpinan; Guru

Full Text:

PDF

References


Bambang Hartono. (1997). Melatih Anak Percaya Diri. Jakarta: Gunung Mulia.

Goleman, Daniel. (2004) . Kepemimpinan Berdasarkan Kecerdasan Emosi. Jakarta. Gramedia Pustaka Utama.

Goleman, Daniel. (2000). Working With Emotional Intelligence (terjemahan). Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Goleman, Daniel. (2004). Emotional Intelligence Kecerdasan Emosional, mengapa EQ Lebih penting Daripada IQ. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Mubayidh, Makmun. (2006). Kecerdasan dan Kesehatan Emosio nal Anak. Referensi Penting bagi Para Pendidik & Orang Tua. Edisi Bahasa Indonesia terjemahan Muhamad Muchson Anasy. Jakarta: Pustaka Al – Kautsar.

Ridwan dan Sunarto. (2011). Pengantar Statistik untuk Penelitian Sosial Ekonomi, Komunikasi dan Bisnis. Bandung: Alfabeta.

Sagerstrom, S. (2006). Dispositional Optimism and Coping: A Meta-Analytic Review.Journal Personality and Social Psychology Review. Vol. 10, No. 235-251.

Sugiono. (2009). Metode Penelitian Bisnis (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2014). Cara Mudah Menyusun Skripsi, Tesis, dan Disertasi. Cetakan ke 2. Bandung: CV. Alfabeta.

Wahyudi. (2009). Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Organisasi Pembelajar (Learning Organizaion).Jakarta: Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.31258/jmp.7.2.p.265-273

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.