PENGARUH KOMUNIKASI INTERPERSONAL DAN SUPERVISI KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU SMP NEGERI SEKECAMATAN SUNGAI APIT KABUPATEN SIAK

Asri Seni Vinal, Makhdalena Makhdalena, Rr Sri Kartikowati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang adanya pengaruh antar variabel bebas dengan vaiabel terikat. (1) Komunikasi interpersonal dan supervisi kepala sekolah terhadap kinerja guru SMP Negeri seKecamatan Sungai Apit. (2) Komunikasi interpersonal terhadap kinerja guru SMP Negeri seKecamatan Sungai Apit. (3) Supervisi kepala sekolah terhadap kinerja guru SMP Negeri seKecamatan Sungai Apit. Melalui penyebaran instrumen kepada 85 orang guru SMP Negeri seKecamatan Sungai Apit dengan menggunakan teknik  random sampling proporsional. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data tentang kinerja guru, komunikasi Interpersonal, dan supervisi kepala sekolah dengan menggunakan angket. Validitas butir di uji dengan menggunakan rumus pearson product moment untuk variable kinerja guru, komunikasi interpersonal, dan supervisi akademik. Koefisien reliabilitas instrument dihitung dengan menggunakan rumus Alpha Cronbach. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh signifikan antara (1) komunikasi interpersonal dan supervisi kepala sekolah terhadap kinerja guru sebesar 44,6%, (2) komunikasi interpersonal terhadap kinerja guru sebesar 5,9%, (3) supervisi kepala sekolah terhadap kinerja guru sebesar 25,9%.

Keywords


Komunikasi Interpersonal; Supervisi Kepala Sekolah; Kinerja Guru

Full Text:

PDF

References


Anwar Prabu Mangkunegara. (2003). Perencanaan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia. Bandung: Refika Aditama

Ary H. Gunawan, (2000). Administrasi Sekolah: Administrasi Pendidikan Mikro. Jakarta: Rineka Cipta

A.W. Widjaja. (2002). Komunikasi dan Hubungan Masyarakat. Jakarta : PT. Bumi Aksara

Dadang Suhardan, (2010). Supervisi Professonal (Layanan Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran di Era Otonomi Daerah). Bandung: Alfabeta

Devito, A. Joseph. (2011). Komunikasi Antarmanusia. Tangerang : Karisma Publishing Group.

E. Mulyasa. (2002). Manajemen Berbasis Sekolah. Bandung : PT Remaja Rosda Karya

E. Mulyasa, (2004). Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung: Remaja Rosdakarya Offset

Henry Simamora. (2004). Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Ke-3. STIE YKPN. Yogyakarta

Kartini, Kartono. (2005). Pemimpin dan Kepemimpinan. Jakarta: Rajawali Pers

Mulyasa, E. (2007). Menjadi Guru Profesional menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung : Rosdakarya

Sahertian. (2008). Konsep Dasar & Teknik Supervisi Pendidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta

Surya Dharma, (2005). Manajemen Kinerja (Falsafah teori dan penerapannya).Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Uno Hamzah B. (2007). Teori Motivasi dan Pengukurannya: Analisis di Bidang Pendidikan. Bumi Aksara : Jakarta

Wibisono, Dermawan. (2006). Manajemen Kinerja. Penerbit Erlangga : Jakarta

Wibowo, (2011). Manajemen Kinerja. Jakarta : Raja Grafindo Persada




DOI: http://dx.doi.org/10.31258/jmp.8.1.p.61-69

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.