PENGARUH LITERASI DIGITAL DAN OPTIMISME TERHADAP KEPEMIMPINAN VISIONER KEPALA SMP KOTA PEKANBARU

Heri Jusnani, Isjoni Isjoni, Daeng Ayub Natuna

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh literasi digital dan optimisme terhadap kepemimpinan visioner kepala SMP di Kota Pekanbaru. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan pendekatan regresi yang dilaksanakan di Kota Pekanbaru. Sampel penelitian adalah 105 orang kepala sekolah dan teknik pengumpulan data dilakukan dengan angket. Analisis data dilakukan dengan menggunakan statistik deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian diperoleh pengaruh yang signifikan antara literasi digital terhadap kepemimpinan visioner, antara optimisme terhadap kepemimpinan visioner serta pengaruh yang signifikan antara literasi digital dan optimisme secara bersama-sama terhadap kepemimpinan visioner. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa semakin baik literasi digital kepala SMP di Kota Pekanbaru maka kepemimpinan visioner akan semakin baik, demikian juga semakin baik optimisme kepala SMP di Kota Pekanbaru maka kepemimpinan visioner akan semakin baik, demikian juga bila bersama-sama. Penelitian ini diharapkan dapat berguna untuk memperbaiki dan meningkatkan kompetensi literasi digital dan optimisme kepala sekolah sehingga kepemimpinan visioner kepala sekolah akan berpengaruh nyata terhadap perkembangan pendidikan di sekolah.


Keywords


Literasi Digital; Optimisme; Kepemimpinan Visioner

Full Text:

PDF

References


Aan Komariah dan Triatna. 2016. Visionary Leadership Menuju Sekolah Efektif, Bumi Aksara, Jakarta.

Achmad Sanusi, 2009. Kepemimpinan Sekarang dan Masa Depan dalam Membentuk Budaya Organisasi yang Efektif, Prospect, Bandung.

Adair, J, 2003. Effective Innovation: How to Stay Ahead of the Competition, Pan Books Ltd, London.

Afid Burhanuddin, 2014, Teori-teori Kepemimpinan, (online) https://afidburhanuddin.wordpress.com/2014/01/20/teori-teori-kepemimpin an, diakses 4 Januari 2020.

Agung Webe, 2018, Memaknai Kembali Literasi, https://www.kompasiana.com/agungwebe/5a8dcf2ecaf7db2ea4098012/memaknai-kembali-literasi?page=all, diakses 10 Januari 2020.

Akhras, Caroline, 2016, Rethinking Leadership--Digital Literacy and Authenticit. Proceedings of Society for Information Technology & Teacher Education International Conference. March 21-26, 2016, Savannah, GA, United States,

Andar Hutagalung, 2019, Pentingnya Membangun Pengetahuan Literasi Digital Terutama Pada Bidang Akademik, Buletin Konsorsium Psikologi Ilmiah Nasional. Vol.5 No. 3, Fakultas Psikologi Universitas Sumatera Utara, Medan.

Badan Akreditasi Nasional Sekolah dan Madrasah (BANSM). 2020. Data Akreditasi Sekolah, https://bansm.kemdikbud.go.id/akreditasi, diakses 20 Juli 2020.

Bawden, D, 2008, Origins and Concepts of Digital Literacy, in: Digital Literacies: Concepts, Policies and Practices, Peter Lang Publishing, New York.

Burt Nanus, 2012. Kepemimpinan Visioner, Prehalindo, Jakarta.

Erni Trisnawati Sule dan Donni Juni Priansa, 2018. Kepemimpinan dan Perilaku organisasi: Membangun Organisasi Unggul di Era Perubahan, PT. Refika Aditama, Bandung.

Fandy Tjiptono, 2015. Strategi Pemasaran. Edisi Keempat, Andi Ofset, Yogyakarta.

Gilster, P, 1997. Digital Literacy, John Wiley & Sons, Inc, New York.

Goleman, D. 1999. Kecerdasan Emosi untuk Mencapai Puncak Prestasi.: Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Gufron dan Risnawati. 2010. Teori-Teori Psikologi, Ar-Ruzz Media Group Yogyakarta.

Gujarati, D.N., 2015. Dasar-Dasar Ekonometrika. Buku II. Edisi Kelima, Salemba Empat, Jakarta Selatan.

Hafied Cangara, 2015. Pengantar Ilmu Komunikasi. Cetakan Kedua, PT. RajaGrafindo Persada, Jakarta.

Hague, C & Payton, S., 2010, Digital Literacy Across The Curriculum, (online) https://www.nfer.ac.uk/publications/FUTL06, diakses 13 Januar 2020.

Hall, D. K. 2000. Fostering optimisme in young children, Ideas, Toronto.

Hair, et.al. 2018. Multivariate Data Analysis (8th ed), Pearson, United States.

Hillson, D.A. & Murray-WR. 2005. Understanding and Managing Risk Attitude. Gower, Aldershot, UK..

Hobbs, R., 2010, Digital and Media Literacy, A Plan of Action, Journal of Craniofacial Surgery (Vol. 23), The Aspen Institute. United States of Amerika.

Nurul Hidayah, 2016. Kepemimpinan Visioner Kepala Sekolah; Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan, Ar-Ruzz media, Jakarta.

Ivancevich, J,M., Robert K dan Michael T. M, 2008. Organizations Behavior and Management, 8nd Edition, McGraw-Hill/Irwin, Singapore.

Marno dan Triyo Supriyatno, 2013. Manajemen Dan Kepemimpinan Pendidikan Islam, PT Refika Aditama, Jakarta.

Martin, A., 2006, Literacies for Age Digital Age dalam Martin & D. Madigan (eds), Digital Literacies for Learning, Facet Publishing, London.

McGinnis, A.L. 1995. Kekuatan Optimisme, Mitra Utama, Jakarta.

Nanus, Burt., 1999. Leaders Who Make a Diffrence for Meeting the non-Profit Challenge. San Francisco

Norrish, J., Robinson, J. Dan Williams, P. 2011. Positive health. Literature Reviews. Institute Of Positive Education, Victoria.

Parker, D, 2006. Menumbuhkan Kemandirian dan Harga Diri Anak, Prestasi Pustakaraya, Jakarta.

Parker, Deboar K, 2006, Menumbuhkan Kemandirian Dan Harga Diri Anak, Prestasi Pustakarya, Jakarta.

Peraturan Mendiknas RI Nomor 22 Tahun 2020 tentang Renstra Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan 2020-2024

Raka, G, dkk., 2011. Pendidikan Karakter di Sekolah: Dari Gagasan ke Tindakan, PT. Gramedia, Jakarta.

Riduwan, 2011. Dasar-Dasar Statistika, Alfabeta, Bandung.

Risnawati, R. & Ghufron, M.N., 2010. Teori-Teori Psikologi, ArRuzz Media Group, Yogyakarta.

Seligman, Martin. 2008. Menginstal Optimisme (Edisi Terjemahan). Translated by Budhy Yogapranata. 2008, PT Karya Kita, Bandung.

Slamet Santoso, 2004. Dinamika Kelompok Sosial, Bumi Aksara, Bandung.

Soerjono Soekanto, 1992. Kamus Sosiologi, PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Suharsimi Arikunto, 2016. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Rineka Cipta, Jakarta.

Sugiyono, 2015. Metode Penelitian dan Pengembangan: Research and Development, Alfabeta, Bandung.

Sutarjo Adisusilo, 2012. Pembelajaran Nilai-Karakter, PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Syamsu Yusuf dan Juntika Nurihsan, 2011. Teori Kepribadian, PT. Remaja Rosdakarya Offset, Bandung.

Tatang Syarifudin dan Kurniasih. 2013. Filsafat dan Pendidikan. Percikan Ilmu, Bandung.

Tatty Rosmiyati dan Dedy Achmad Kurniadi. 2011. Manajemen Pendidikan, Alfabeta, Bandung.

Veitzhal Rivai dan Ariviyan Arifin, 2009. Islamic Leadership Membangun Superleadership Melalui Kecerdasan Spiritual, Bumi Aksara, Jakarta.

Wahyudi, 2015. Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Organisasi Pembelajaran, Alfabeta, Bandung.

Wibowo, 2018. Manajemen Perubahan, PT Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Yates, J. F. 1992. Judgement And Decision Making, Prentice Hall, Englewood Cliffs.

Yukl, G, 2009. Leadership In Organization. (terjemahan Budi Supriyanto) Edisi Kelima, Macan Jaya Cemerlang, Jakarta:

Zulkarimein Nasution, 1990. Prinsip-Prinsip Komunikasi untuk Penyuluhan. Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia, Jakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.31258/jmp.9.2.p.206-215

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.