PENGARUH SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA GURU TK KECAMATAN TAMPAN KOTA PEKANBARU

Anita Fitri, Auzar Auzar, Dudung Burhanuddin

Abstract


Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pengaruh supervisi akademik kepala sekolah dan motivasi kerja terhadap kinerja guru TK Kecamatan Tampan. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif dan metode Survey dengan teknik korelasional (correlational resarch). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan kuisioner/angket dengan 109 responden dari 150 guru TK yang dipilih secara acak sebagai sampel menggunakan rumus Slovin. Metode penelitian dilakukan yaitu responden memberikan tanggapan terhadap kuesioner dalam bentuk skala likert yang terdiri dari lima pilihan jawaban yaitu sangat setuju, setuju, ragu-ragu, tidak setuju, dan sangat tidak setuju. Analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif dan inferensial. Berdasarkan dari analisis data diketahui bahwa, terdapat pengaruh supervisi akademik kepala sekolah dan motivasi kerja terhadap kinerja guru TK Kecamatan Tampan, baik sebagian maupun secara bersama-sama. Penelitian ini diharapkan berguna untuk perbaikan kinerja guru TK Kecamatan Tampan Kota Pekanbaru dalam melaksanakan tugas dan kewajibannya.

Keywords


Supervisi Akademik; Motivasi Kerja; Kinerja

Full Text:

PDF

References


Departemen Pendidikan Nasional. 2007. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 12/ 2007 tanggal 28 Maret 2007 tentang Standar Pengawas Sekolah/Madrasah. Jakarta: BNSP

Fauza. 2015. Pengaruh Efikasi Diri Terhadap Motivasi Kerja Dengan Persepsi Pemenuhan Kontrak Psikologis Sebagai Moderator. Jurnal Ilmu Ekonomi dan Sosial, Volume 4, Nomor 1, Maret 2015, halaman 1 – 14.

Imron. 2017. Manajemen Kepemimpinan Teori dan Aplikasi. Bandung; Alfabeta.

Natawijaya. 2019. Metode Penelitian Pendididikan. Remaja Rosdakarya. (Cetakan ketiga).

Riduwan. 2012. Management Edisi Kesepuluh, Jilid 2. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Sedarmayanti. 2011. Manajemen Sumber Daya Manusia, Reformasi Birokrasi dan Manajemen Pegawai Negeri Sipil. Bandung: Refika Aditama.




DOI: http://dx.doi.org/10.31258/jmp.10.1.p.1-8

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.