ANALISIS GAYA DAN TIPE KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DI GUGUS HARAPAN SALO KECAMATAN SALO KABUPATEN KAMPAR

Dayawanti Dayawanti, Fadly Azhar, Isjoni Isjoni

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis gaya dan tipe kepemimpinan kepala sekolah serta factor-faktor penghambat penerapan dari gaya dan tipe kepemimpinan kepala sekolah di Gugus Harapan Salo Kecamatan Salo Kabupaten Kampar. Penelitian yang dilaksanakan di Gugus Harapan Kecamatan Salo ini meliputi empat sekolah yaitu SD Negeri 001, SD Negeri 004, SD Negeri 006 dan 008 sebagai SD imbas di Gugus Harapan Salo Kecamatan Salo Kabupaten Kampar. Pengumpulan data meliputi observasi, dokumentasi dan wawancara. Analisis data menggunakan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menjelaskan bahwa gaya kepemimpinan kepala sekolah di Gugus Harapan Sala Kecamatan Salo Kabupaten Kampar lebih mengarah kedalam gaya yang directing (mengarahkan) karena kepala sekolah memiliki peran yang penting, terutama didalam mengarahkan guru dan tenaga kependidikan, mampu memberikan motivasi sehingga dapat meningkatkan semangat kerja dari bawahannya didalam menyelesaikan setiap pekerjaan yang dibebankan kepadanya. Sementara untuk tipe kepemimpinan lebih mengarah ke tipe yang demokratis, karena kepala sekolah mau mendengarkan masukan, kritikan dan saran dari bawahannya. Adapun faktor-faktor penghambat dalam penerapannya sepertu diantaranya sarana dan prasarana, sumber daya yang dirasa kurang fleksibel, pertanggung jawaban dalam bekerja, serta kurikulum yang harus ditingkatkan.

Keywords


Gaya Kepemimpinan; Tipe Kepemimpinan; Kepala Sekolah

Full Text:

PDF

References


Fahmi, I. (2014). Manajemen Kepemimpinan Teori & Aplikasi. Bandung: Alfabeta.

Hagi E. Gusman. 2014. Hubungan Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Dengan Kinerja Guru di SMPN Kecamatan Palembayan Kabupaten Agam. Bahasa Manajemen Pendidikan. Jurnal Adminitrasi Pendidikan Volume 2 Nomor 1 Juni 2014 Halaman 293-831.

Harsono, Supramoto dan Farid, (2015) Visi Baru Manajemen Sekolah. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

https://masyarakatbelajar.wordpress.com/2010 (diakses tanggal 13 September 2020).

Karwati, E. dan Priansa, D. J. 2013. Kinerja dan Profesionalisme Kepala Sekolah: Membangun Sekolah yang Bermutu. Bandung : Alfabeta.

Peraturan Menteri pendidikan Nasional, no 28 tahun 2010, tentang penugasan kepala sekolah.

Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2010, Tentang Pengelolaan Pendidikan Nasional.

Permendiknas No 28 Tahun 2010 Tentang Meningkatkan Mutu Kepala Sekolah




DOI: http://dx.doi.org/10.31258/jmp.10.1.p.9-18

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.