MANAJEMEN PENGEMBANGAN DIGITAL LIBRARY SMK LABOR BINAAN FKIP UNRI PEKANBARU PROVINSI RIAU

Desnawati Desnawati, Rr. Sri Kartikowati, Gimin Gimin

Abstract


SMK Labor Binaan FKIP UNRI Provinsi Riau adalah sekolah yang selangkah lebih maju dalam pengelolaan perpustakaan dibanding SLTA-SLTA lain di Riau. Hal ini terbukti dengan berbagai prestasi yang telah diraih SMK Labor, salah satunya menjadi juara 1 dalam lomba perpustakaan sekolah tingkat Nasional pada tahun 2019. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap bagaimana SMK Labor memperoleh capaian pengembangan digital library yang luar biasa itu dari perspektif manajemen. Selain itu, penelitian ini juga bermaksud mengungkap apa dampak atau manfaat yang paling dirasakan oleh warga sekolah terutama guru dan siswa dari pengembangan digital library ini. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik analisis data yang digunakan Analysis Interactive dari Miles dan Huberman, sedangkan dampak pengembangan digital library menggunakan angket dan dianalisis dengan crosstab. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, diperoleh informasi kepemimpinan kepala sekolah yang luar biasa, mampu mensinergikan sumber daya organisasi seperti sumber daya manusia, sumber daya teknologi dan sumber daya biaya dengan sangat baik, mulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan sampai tahap evaluasi. Selain itu, untuk menjaga mutu dari digital library SMK Labor, kepala sekolah menerpakan prinsip-prinsip dalam Total Quality Managament (TQM). Dampak dari pengembangan digital library yang dirasakan oleh warga sekolah, dalam hal ini guru dan siswa adalah kecepatan dalam mengakses, kemudahan dalam fasilitas, kemudahan dalam mengakses, menghemat waktu, hemat biaya dan yang paling penting meningkatkan motivasi membaca.

Keywords


Manajemen; Digital Library, SMK Labor Binaan

Full Text:

PDF

References


Abdul Rahman Saleh, 2013. Pengembangan Perpustakaan Digital. Bogor: Rumah Q-ta Production.

Agus Yazid Kurniawan, 2016. Pengelolaan Digital library di SMA Negeri 1 Yogyakarta, dalam Jurnal Hanata Widya. UNY, Yogyakarta.

Andri Winata, Zuriana, dan KetutArtaye, 2018. Membangun Perpustakaan Digital Pascasarjana, dalam Prosiding Pengabdian Kepada Masyarakat Melalui Diseminasi Hasil Penelitian Terapan. Universitas Lampung.

Gatot Subrata, 2009. Perpustakaan Digital, dalam Jurnal Perpustakaan, Universita Malang.

Hartono, 2017. Strategi Pengembangan Digital library Dalam Membangun Aksesibilitas Informasi: Sebuah Kajian Teoritis pada Perpustakaan Perguruan Tinggi Islam di Indonesia, dalam jurnal Perpustakaan, Volume 8 No.1. ISSN 1979 – 9527.

Kasidah, Murniati, dan Bahrun, 2017. Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru pada Sekolah Dasar Luar Biasa Negeri Banda Aceh, dalam Jurnal Magister Administrasi Pendidikan Pasca Sarjana, Universitas Syiah Kuala. ISSN:2302-0156, PP127-133, Aceh.

Lexy J. Moleong, 2018. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mulyadi, 2016. Pengelolaan Perpustakaan Digital. Palembang: Noer Fikri Offset.

PISA, 2015. PISA Results and Focus. OECD.

Sugiyono, 2018. Metode Penelitian Manajemen. Bandung: Alfabet.




DOI: http://dx.doi.org/10.31258/jmp.10.1.p.19-30

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.