PENGARUH KEPEMIMPIN KEPALA SEKOLAH DAN MOTIVASI BERPRESTASI GURU TERHADAP KINERJA GURU MTSN KOTA PEKANBARU

Rifka Yulimarwina, Sumarno Sumarno, Suarman Suarman

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji dan menganalisis Pengaruh kepemimpinan kepala sekolah dan motivasi berprestasi guru terhadapkinerja guru baik secara simultan maupun parsial. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif korelasional. Responden penelitian adalah guru PNS MTsN Kota Pekanbaru yang berjumlah 59 orang diperoleh dengan teknik sampel random sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran angket sebagai instrument penelitian. Analisis data dalam penelitian ini menggunakananalisis statistik deskriptif dan analisis korelasi dan regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh positif signifikan kepemimpinan kepala sekolah dan motivasi berprestasi guru terhadap kinerja gurusecara simultan sebesar Y= 125,006+ 0,284 X1 + 0,121 X2. Hasil dari koefisien reggresi penelitian ini adalah jika kepemimipinan kepala sekolah dan motivasi berprestasi guru meningkat maka akan berpengaruh kepada peningkatan kinerja guru

Keywords


Kepemimpinan Kepala Sekolah; Motivasi Berprestasi; Kinerja Guru

Full Text:

PDF

References


A.A Anwar Prabu Mangkunegara. (2005). Manajemen Sumber daya Manusia Perusahaan. Bandung : PT Remaja Rosdakarya

Ara Hidayat dan Imam Machali, 2010. Pengelolaan Pendidikan. Bandung: Pustaka Educa

Abdul Razak, 2008. Riset Pengajaran: Deskripsi, Eksposisi, dan Argumentasi. Pekanbaru: Autografika.

Achmad.,2004. Sistem manajemen kerja, (Performace management system) panduan praktis untuk merancang dan meraih kinerja prima, Jakarta:PT. Gramedia.

Adam.I.Indrawijaya.,2002, Prilaku organisasi, Bandung :Sinarbaru Algensindo

Agung Iskandar, Yufridawati. 2013. Pengembangan Pola Kerja Harmonis Dan Sinergis, Antara Guru, Kepala Sekolah,dan Pengawas. Jakarta: PT. Bestari Buana Murni. Edisi Pertama

Agustinus Hermino, (2014), Manajemen Kurikulum Berbasis Karakter, Bandung: Alfabeta.

Ahmad, Susanto. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Andang, Tantrini. 2013. 45 penyakit musuh kaumperempuan. Yogyakarta: Rapha Publishing

Anwar, Moch. Idochi. (2003). Administrasi Pendidikan dan Manajemen Biaya Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Arikunto, S, Suhardjono dan Supardi. 2014. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara

Azwar,Saifuddin.2016.sikap dan perilaku.Pustaka Pelajar.Yogyakarta

B. Uno, Hamzah. 2008. Teori Motivasi dan Pengukurannya, Jakarta : Bumi Aksara.

Bambang Prasetyo dan Lina Miftahul Jannah,.2005. Metode Penelitian Kuantitatif: Teori dan Aplikasi .Jakarta: PT RajaGrafindo Persada,

Budi susetyo,.2010. Statistika untuk analisis data penelitian,Bandung : PT Refika Aditama

Buku Pedoman Penulisan Tesis,.2013.,Program Pasca Sarjana Universitas Negeri Riau

Dharma, Surya. 2013. Manajemen Kinerja : Falsafah Teori dan Penerapannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Daryanto, 2010. Administrasi Pendidikan, Jakarta:Rineka Cipta

Depdikbud, 2006.Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta : Gitamedia Press

Mulyasa. 2004. Manajemen Berbasis Sekolah, Konsep, Strategi dan Implementasi. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

E. Mulyasa, 2011. Manajemen & Kepemimpinan Kepala Sekolah, Jakarta: Bumi Aksara.

Gary Yukl,2007. Kepemimpinan Dalam Organisasi, Jakarta: Penerbit PT Indeks, edisi Kelima, cetakan Kedua).

Hasibuan S.P Malayu. 2014. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.

Harso, Muhdi. 2012. Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Kinerja Guru Terhadap Keefektifan Sekolah di SMK Kabupaten Pemalang. Educational Management.

Jaap Scheerens.2003. Menjadikan sekolah Efektif. Penerjemah Abas Al-Jauhari. Jakarta: PT Logos wacana ilmu

Martinis Yamin dan Maisah, 2010. Standarisasi Kinerja Guru. Jakarta: Persada Press

Miftah Thoha, 1983. Kepemimpinan dalam Manajemen. Jakarta: CV. Rajawali

Murray dalam Alwisol, 2009. Psikologi Kepribadian, edisi revisi, (Malang: MM Press

Nasrul, HS. 2014. Profesi dan Etika Keguruan. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Kartono dan Kartini. 2014. Pemimpin dan Kepemimpinan. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada. K

Kurniadin, Didin dan Imam Machali, Manajemen Pendidikan: Konsep & Prinsip Pengelolaan Pendidikan, Jogjakarta: Ar-Ruzz Media, 2014.

Rahawin, C. dan Arikunto, S. 2015. Pengaruh Komunikasi, Iklim Organisasi dan Gaya Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru SMA. Yogyakarta: Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan Volume 3.

Richard M Steers,1985. Efektivitas organisasi kaidah prilaku seri manajemen No.47, Jakarta:Erlangga

Riduwan. 2010. Metode dan teknik Menyusunan tesis, Bandung:Alfabeta

Robbins, Stephen P. 2001. Perilaku Organisasi: Konsep, Kontroversi, Aplikasi, Jilid 1, Edisi 8, Prenhallindo, Jakarta

Roslena Septiana, dkk dalam jurnal Jupe UNS, Vol 2 No 1 Hal 107 s/d 118

Rusman. (2011). Metode-Metode Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers.

T. Hani Handoko, 2003. Manajemen. Yogyakarta: BPFE

Sadili, Samsudin. 2006. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung : Pustaka Setia.

Setiawan, Nur Kholis. 2014. Model PenilaianmPencapaian Kompetensi Peserta Didik Madrasah Tsanawiyah (MTs). Direktorat Pendidikan Madrasah : Dirjen Pendidikan Islam.

Sumarno, 2012. Manajemen Pengetahuan untuk Meningkatkan Mutu Sekolah, https://www.neliti.com/journals /pekbis

Scheerens, J. 2004.Improving School Effectiveness. Paris: UNESCO.

Soetopo, Hendyat. 2010. Perilaku Organisasi. Jakarta: PT. Remaja Rosdakarya.

Soetomo. 2012. Keswadayaan Masyarakat Manivestasi Kapasitas Masyarakat untuk Berkembang Secara Mandiri. Yogyakarta: pustaka pelajar.

Sudarwan Danim dan Suparno. 2009. Manajemen dan Kepemimpinan TransformasionalKekepalasekolahan. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono,2007. Metode penelitian administrasi, Bandung : Alfabeta

Suharsini Arikunto,1993. Manajemen Pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Tilaar, H.A.R, 2012, Kebijakan Pendidikan, Pustaka Pelajar, Yogyakarta

Sukmadinata, Syaodih S. (2011). Pengembangan Kurikulum. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.

Uha, Ismail Nawawi, Budaya Organisasi Kepemimpinan dan kinerja, jakarta: Kencana, 2013.

Uzer Usman, Moh. 2010, Menjadi Guru Profesional, Bandung : Rosda Karya

Wahyudi, 2009. Kepemimpinan Kepala Sekolah “Dalam organisasi Pembelajaran (Learning Organization)” . Bandung: Alfabeta

Winardi, SE, Prof. Dr. J, 2001. Motivasi dan Pemotivasian Dalam Manajemen. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.




DOI: http://dx.doi.org/10.31258/jmp.10.1.p.31-39

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.