PENANAMAN PENDIDIKAN KARAKTER SISWA MELALUI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER PRAMUKA DI SEKOLAH DASAR NEGERI 004 PULAU TERAP KECAMATAN KUOK KABUPATEN KAMPAR

Reni Herlina, Zulfan Saam, Almasdi Syahza

Abstract


Tujuan yang ingin dicapai pada penelitian ini untuk penerapan nilai-nilai pendidikan karakter dalam kegiatan ekstrakurikuler kepramukaan melalui kedisiplinan, kejujuran, kekeluargaan dan tanggung jawab di Sekolah Dasar Negeri 004 Pulau Terap Kecamatan Kuok Kabupaten Kampar serta untuk mengetahui hambatan-hambatan dan program pendidikan karakter dalam pembinaan kegiatan pramuka. Penelitian ini dilaksanakan pada Sekolah Dasar Negeri 004 Pulau Terap Kecamatan Kuok Kabupaten Kampar dengan analisis deskriptif. Hasil penelitian nilai-nilai pendidikan karakter dalam kegiatan ekstrakurikuler pramuka dimana nilai religius adalah nilai yang sangat penting untuk ditanamkan dalam kehidupan sehari-sehari sesuai dengan amalan Al-Qur’an dan Hadist. Nilai kejujuran adalah nilai yang harus dimiliki karena siswa dituntut untuk berprilaku jujur dalam setiap kegiatan. Nilai Toleransi adalah nilai dimana seseorang dapat menghargai dan menghormati orang lain, menghargai budaya dan agama. Nilai Disiplin adalah nilai yang harus selalu diterapkan, terutama kepada siswa didalam belajar. Nilai Peduli Lingkungan seperti tidak membuang sampah sembarangan, menjaga kebersihan dan tidak melakukan perusakan terhadap alam. Nilai Peduli Sosial adalah suatu sikap peduli, terutama kepada orang lain yang membutuhkan bantuan. Nilai Rasa Tanggung Jawab dimana rasa tanggung jawab juga harus dimiliki oleh seorang siswa didalam kehidupan sehari-harinya terutama didalam belajar. Hambatan - hambatan dalam penanaman nilai karakter melalui kegiatan ekstrakurikuler kepramukaan di Sekolah Dasar Negeri 004 Pulau Terap Kecamatan Kuok Kabupaten Kampar diantaranya kurang maksimalnya kegiatan karena masih banyak peserta didik yang tidak menyukai kegiatan kepramukaan dan karakter peserta didik yang berbedabeda. Sementara program pendidikan karakter dalam pembinaan kegiatan pramuka di Sekolah Dasar Negeri 004 Pulau Terap Kecamatan Kuok Kabupaten Kampar seperti membangun semangat dan patriotisme, pengetahuan dan taknik tentang pramuka, disiplin serta ketangkasan, kreativitas dan kegiatan-kegiatan umum.

Keywords


Pendidikan Karakter; Nilai-Nilai Kepramukaan; Ekstrakurikuler

Full Text:

PDF

References


Elisa, Singgih A. Prasetyo dan Husnul Hadi., 2019. Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Siswa Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka. Mimbar PGSD Undiksha Volume 07 Nomor 02 Tahun 2019. p-ISSN : 2614-4727, e-ISSN : 2614-4735.

Mustika, Abidin. 2018. Penerapan Pendidikan Karakter Pada Kegiatan Ekstrakurikuler Melalui Metode Pembiasaan. Didaktika Jurnal Kependidikan Volume 12 Nomor 2 Desember 2018 ISSN : 1978-0214.

Noor Yanti, Rabiatul Adawiah dan Harpani Matnuh. 2016. Pelaksanaan Kegiatan Ekstrakurikuler Dalam Rangka Pengembangan Nilai-Nilai Karakter Siswa Untuk Menjadi Warga Negara Yang baik di SMA Korpri Banjarmasin. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, Volume 6 Nomor 11 Mei 2016.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 62 Tahun 2014.

Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 62 Tahun 2014 Tentang Kegiatan Ekstrakurikuler ayat (2).

Permendikbud No. 12 Tahun 2010 Pasal 1.

Raihan Putry. 2018. Nilai Pendidikan Karakter Anak di Sekolah Perspektif Kemendiknas. Journal Of Child and Gender Studies. Volume 4 Nomor 1 Maret 2018. ISSN : 2461-1468/E-ISSN : 2548-1959.

Ratna Megawani., 2010. Pendidikan Karakter Solusi Yang Tepat Unti Membangun Bangsa. Cetakan Ke-2. Bogor.

Santosa, A.W. 2014. Implementasi Pendidikan Krakter dalam Membagun Kemandirian dan Disiplin Siswa Di MTsN Kanigoro Kras Kabupaten Kediri. Jurnal Didaktika Religia, 2 (1). 21-38.

Santoso, Lukman. 2014. Panduan Terlengkap Pramuka. Jogjakarta: Buku Biru.

Siti, Isjoni dan Asril. 2015. Perkembangan Pendidikan Suku Talang Mamak Desa Durian Cacar Kecamatan Rakit Kulim Kabupaten Indragiri Hulu Tahun 2005-2015.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Syahza Almasdi & Indrawati Henny. 2007. Peningkatan Hasil Belajar Mata Kuliah Manajemen Agribisnis Melalui Pemberian Hand Out Pada Mahasiswa Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Riau. Jurnal Sosiohumaniora, Volume 9 Nomor 3 November 2007 : 239 – 254.

Syahza Almasdi. 2020. Menuju Manusia Berkualitas Melalui Pendidikan Bermutu Di Perguruan Tinggi. Staf pengajar di Program Studi Pendidikan Ekonomi Universitas Riau, Peneliti Senior di Lembaga Penelitian Universitas Riau.

Syahza Almasdi. 2016. Metode Penelitian (Edisi Revisi). Pekanbaru : Badan Penerbit Universitas Riau UR PRESS.

Undang-undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 3.

Wiyani, N. Ardy. 2013. Menumbuhkan Pendidikan Karakter di SD (Konsep, Praktek, dan Strategi). Jogjakarta : Ar-Ruzz Media.

Zubaedi. 2013. Desain Pendidikan Karakter (Konsepsi dan Aplikasinya dalam Pendidikan). Jakarta : Kencana Prenada Media Group.

Zulfan, Saam., 2012. Psikologi Keperawatan. Cetakan ke-1. Jakarta : PT Rajagrafindo Persada.




DOI: http://dx.doi.org/10.31258/jmp.10.1.p.97-107

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.