PENGARUH SUPERVISI KEPALA SEKOLAH DAN MOTIVASI BERPRESTASI TERHADAP KINERJA GURU SMA NEGERI SEKECATAMATAN PANGKALAN KERINCI
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, S. (2014). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Budi Rahwanto (2020). Iklim Kerja dan Motivasi Berprestasi serta pengaruhnya terhadap Kinerja Guru. Bandung : Adab.
Creswell, J. W. (2015). Penelitian Kualitatif & Desain Riset. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Hamzah B. Uno & Nina Lamatenggo. (2017). Teori Kinerja dan Pengukurannya. Jakarta : Bumi Aksara,
Husaini Usman.(2019). Administrasi, Manajemen dan Kepemimpinan Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
H.E. Mulyasa, (2012) Manajemen dan Kepemimpinan Kepala Sekolah, Jakarta: Bumi Aksara,
__________, (2014). Guru dalam Implementasi Kurikulum 2013, Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 13 Tahun 2007 tentang standar kepala sekolah bahwa kepala sekolah harus memiliki lima kompetensi.
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 16 tahun 2007 menyatakan:“guru yang profesional jika memehuhi standar kinerja yang telah ditetapkan yaitu menguasai kompetensi yang harus dimiliki oleh guru. Kompetensi tersebut yaitu kompetensi pedagogik, kompetensi profesional, kompetensi sosial, dan kompetensi kepribadian.
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No.35 tahun 2010 pada Pasal2 mangamanatkan: Guru yang mempunyai kinerja rendah wajib mengikuti pembinaan pengembangan keprofesian berkelanjutan.
Peraturan Pemerintah No. 13 tahun 2015 menyatakan: Kepala sekolah mempunyai sejumlah peran yang harus dimainkan secara bersama-sama, antara lain mencakup educator, manajer, administrator, supervisor, leader, innovator, motivator.
Peraturan Pemerintah Nomor 13 Tahun 2015 tentang Standar Nasional Pendidikan.
PERMENDIKNAS No 13 Tahun 2007 Tentang Standar Kepala Sekolah.
PERMENDIKNAS No 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen.
Permendiknas Nomor 16 tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru
Program Pascasarjana Universitas Riau. (2017). Pedoman Penulisan Tesis dan Disertasi, Pekanbaru.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
________ (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta.
________ (2018). Cara Mudah Menyusun: Skripsi, Tesis, dan Disertasi. Bandung: Alfabeta.
________ (2019). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D, dan Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
________ (2019) Instrumen Penelitian, Bandung: CV.Alfabeta
Supardi. (2020). Kinerja Guru. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Tesis :
Anita Fitri (2020). Pengaruh Supervisi Akadmeik Kepala Sekolah dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Guru TK di Kecamatan Tampan Kota Pekanbaru Universitas Riau.
DOI: http://dx.doi.org/10.31258/jmp.10.2.p.185-197
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.