PENGARUH SUPERVISI KEPALA SEKOLAH DAN MOTIVASI BERPRESTASI TERHADAP KINERJA GURU SMA NEGERI SEKECATAMATAN PANGKALAN KERINCI

Sri Sumiati, Hendra Setyawan, Putri Yuanita, Daviq Chairilsyah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh supervisi kepala dan motivasi berprestasi terhadap kinerja guru SMA Negeri sekecamatan Pangkalan Kerinci Kabupaten Pelalawan. Penelitian ini merupakan penelitian survey dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru PNS di SMA Negeri sekecamatan Pangkalan Kerinci Kabupaten Pelalawan yang berjumlah 104 orang. Penentuan ukuran sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik proportionate random sampling sebanyak 82 orang guru. Instumen penelitian ini sudah dilakukan dalam bentuk angket supervisi kepala sekolah, motivasi berprestasi dan kinerja guru dan diolah menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas.  Teknik analisis data menggunakan uji prasayarat analisis yang meliputi uji normalitas, uji linieritas dan uji multikolinieritas, Pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi dengan tingkat signifikansi ditentukan sebesar 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh positif dan signifikan supervisi kepala sekolah terhadap kinerja guru; (2) terdapat pengaruh positif dan signifikan motivasi berprestasi terhadap kinerja guru; (3) terdapat pengaruh positif dan signifikan supervisi kepala sekolah, motivasi berprestasi secara simultan terhadap kinerja guru.

Keywords


Supervisi Kepala Sekolah; Motivasi Berprestasi; Kinerja Guru

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2014). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Budi Rahwanto (2020). Iklim Kerja dan Motivasi Berprestasi serta pengaruhnya terhadap Kinerja Guru. Bandung : Adab.

Creswell, J. W. (2015). Penelitian Kualitatif & Desain Riset. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Hamzah B. Uno & Nina Lamatenggo. (2017). Teori Kinerja dan Pengukurannya. Jakarta : Bumi Aksara,

Husaini Usman.(2019). Administrasi, Manajemen dan Kepemimpinan Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

H.E. Mulyasa, (2012) Manajemen dan Kepemimpinan Kepala Sekolah, Jakarta: Bumi Aksara,

__________, (2014). Guru dalam Implementasi Kurikulum 2013, Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 13 Tahun 2007 tentang standar kepala sekolah bahwa kepala sekolah harus memiliki lima kompetensi.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 16 tahun 2007 menyatakan:“guru yang profesional jika memehuhi standar kinerja yang telah ditetapkan yaitu menguasai kompetensi yang harus dimiliki oleh guru. Kompetensi tersebut yaitu kompetensi pedagogik, kompetensi profesional, kompetensi sosial, dan kompetensi kepribadian.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No.35 tahun 2010 pada Pasal2 mangamanatkan: Guru yang mempunyai kinerja rendah wajib mengikuti pembinaan pengembangan keprofesian berkelanjutan.

Peraturan Pemerintah No. 13 tahun 2015 menyatakan: Kepala sekolah mempunyai sejumlah peran yang harus dimainkan secara bersama-sama, antara lain mencakup educator, manajer, administrator, supervisor, leader, innovator, motivator.

Peraturan Pemerintah Nomor 13 Tahun 2015 tentang Standar Nasional Pendidikan.

PERMENDIKNAS No 13 Tahun 2007 Tentang Standar Kepala Sekolah.

PERMENDIKNAS No 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen.

Permendiknas Nomor 16 tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru

Program Pascasarjana Universitas Riau. (2017). Pedoman Penulisan Tesis dan Disertasi, Pekanbaru.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

________ (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta.

________ (2018). Cara Mudah Menyusun: Skripsi, Tesis, dan Disertasi. Bandung: Alfabeta.

________ (2019). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D, dan Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

________ (2019) Instrumen Penelitian, Bandung: CV.Alfabeta

Supardi. (2020). Kinerja Guru. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Tesis :

Anita Fitri (2020). Pengaruh Supervisi Akadmeik Kepala Sekolah dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Guru TK di Kecamatan Tampan Kota Pekanbaru Universitas Riau.




DOI: http://dx.doi.org/10.31258/jmp.10.2.p.185-197

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.