Evaluasi Kinerja Kepala Sekolah Masa Pandemi Corona Virus Disiase ( Covid-19 ) Di Kecamatan Tanah Putih Kabupaten Rokan Hilir
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengevaluasi kinerja kepala sekolah di masa pandemi covid-19 di Kecamatan Tanah Putih Kabupaten Rokan Hilir. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Wawancara, Observasi dan Dokumentasi. Populasi dan sampel adalah Kepala Sekolah di empat sekolah yang merupakan perwakilan dari masing-masing gugus. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah dipaparkan, maka simpulan penelitian ini adalah sebagai berikut : (1) Dampak pembelajaran via daring melibatkan seluruh pihak yang terkait seperti siswa, guru , wali murid, kepala sekolah, serta komite sekolah. Dalam hal ini, peran kepala sekolah sangat penting dalam memantau dan menjaga evisiensi kualitas belajar mengajar bagi murid selama wabah pandemi melanda. Kesiapan dan gerak cepat kepala sekolah serta kemampuan kepala sekolah dalam menciptakan suasana yang kondusif serta komunikatif di sekolah menjadi faktor yang sangat penting dalam menunjang kelancaran proses belajar mengajar disekolah. (2) Dalam hal ini efektifitas kinerja kepala sekolah sangat dibutuhkan sesuai dengan surat edaran SE Mendikbud Nomor 3 Tahun 2020 tentang Langkah Pencegahan Covid 19 pada Satuan Pendidikan dan SE Mendikbud Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Pendidikan Dalam Masa Darurat Covid 19 yang bertujuan Memberikan panduan bagi Kepala Sekolah. Dalam melaksakan tugas dan fungsi kepala sekolah pada masa pandemi Covid-19 dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan menentukan keberlangsungan efektifitas mutu pemebajaran yang dilaksanakan. (3) Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kepala sekolah di keempat sekolah yang diteliti mampu mengemban tugasnya dengan baik dan efektif sesuai arahan pemerintah, kepala sekolah dikeempat sekolah yang diteliti dinilai sigap dan inovatif serta efektif dalam mengambil tindakan dan keputusan yang tepat dalam menanggulangi persamalahan yang dialami sekolah yang dipimpinnya dalam proses belajar mengajar via daring di masa pandemi covid-19 dan hal ini patut diapresiasi.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Achmad Sunarto, dkk. (2005), Tarjamah Shahih Bukhari, Jilid I. Jakarta : Eska Media.
Adam, Adlan. 2019. Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru SD Negeri di Kecamatan Gondokusuman Daerah Istimewa Yogyakarta. Skripsi, Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta Bafadal,
Akdon, Strategic Management, ( Bandung: Aifabeta, 2009) Amini. (2013), Profesi Keguruan, Medan: Perdana Publishing.
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu pendekatan Praktek.
Jakarta: Rineka Cipta.
Asril, Zainal. (2010), Micro Teaching, Jakarta: Raja Grafindo Persada. Baharin, R., Halal, R., dll, 2020, Impact of Human Resource Investment on
Labor Productivity in Indonesia, Iranian Journal of Management Studies, 13(1), hal.
–164.
Budi Suhardim PT Rineka Cipta.” Study Pengembangan Kepala Sekolah Konsep dan Aplikasi, (Jakarta: PT Rineka Cipta, 2012)
Burhanuddin, Yusaki. (2005), Administrasi Pendidikan, Bandung: Pustaka
Setia.
Carlsson, M, G B Dahl, B Ockert and D Rooth, 2015, The Effect of Schooling on Cognitive Skills, Review of Economics and Statistics 97(3), hal. 533-547.
Carlson, 2015, Ibid.
Caroline Hodges Persell, 1979, Educations and Inequality, The Roots and Results of Strattification in America’s Schools, United States of America: The Free Press.
Danim, Sudarwan. 2009. Manajemen dan Kepemimpinan Transformasional Kekepala sekolah. Jakarta: PT Asdi Mahasatya.
Dakir, D. (2018). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Situasional Kepala Sekolah dalam Supervisi Akademik terhadap Kompetensi Profesional dan Kinerja Guru PAI di SMA dan SMK se Kota Palangka Raya.
Depdiknas. (2003)a. Pedoman Penyelenggaraan Program Percepatan Belajar SD, SMP dan SMA (Satu Model Pelayanan Pendidikan Bagi Peserta Didik Yang Memiliki Potensi Kecerdasan dan Bakat Istimewa). Jakarta: Depdiknas.
Dharma, Agus. 2003. Standar Kompetensi Kepala Sekolah. Jakarta: Pusdiklat Pegawai Depdiknas.
Duryat, Masduki. 2016. Kepemimpinan Pendidikan. Bandung: CV Alfabeta.
E. Mulyasa. Menjadi Kepala Sekolah Profesional. (Bandung, PT Remaja Rosdakarya, (2009)
Fadhilla, A. (2021). Strategi Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Upaya Meningkat- kan Kinerja Tenaga Kependidikan saat SFH (Study Frome Home) di Masa Pandemi COVID 19. J-PGMI: Jurnal Pendidikan Guru MI, 3(2), 1-13. Retrievedfromhttp://ejournal.iainpurwokerto.ac.id/index.php/jpgmi/article/view/4376
Frey, Bruno S. 2008. “Does Monitoring Increase Work Effort? The Rivalry With Trust and Loyalty”. Economic Inquiry. Academic Research Library.
Hamalik, Oemar. 2007. Manajemen Pengembangan Kurikulum. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.
Handoko, Hani T. 2003. Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia.
Edisi Ke-2, Yogyakarta: BPFE.
Hapsari, Iriani Indri. 2016. Psikologi Perkembangan Anak. Jakarta: PT Indeks
Helmawati. (2014), MeningkatkanKinerja Kepala Sekolah/Madrasah Melalui Manajerial Skills, Jakarta: PT Rineka Cipta
Husein Umar. (2005), Metode Penelitian Untuk Tesis Dan Bisnis, Jakarta: Grafindo Persada.
Ibrahim. 2012. Manajemen Peningkatan Mutu sekolah Dasar. Jakarta: Bumi
Aksara
Jonsson, B., Waling, M., Olafsdottir, A. S., Lagström, H., Wergedahl, H., Olsson, C., … Hörnell, A., 2017, The effect of schooling on basic cognition in selected nordic countries, Europe’s Journal of Psychology, 13(4), hal. 645–666. https://doi.org/10.5964/ejop.v13i4.1339
Jorgenson, Olaf. 2006. “Going Private? Insights For Public School Leaders Considering The Move To Independent Schools”. The Clearing House, Academic Research Library
Lako, Andreas. 2004. Kepemimpinan dan Kinerja Organisasi Isu, Teori, dan Solusi. Yogyakarta: Amara Books
Lavy, V, 2015, Do Differences in Schools, Instrution Time Explain International Achievement Gaps? Evidence from Developed and Developing Countries, Economics Journal 125.
Marsongko, MJ Hari.2009. Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Sekolah. Skripsi, Surakarta: Universitas Sebelas Maret.
Munir, Abdullah. (2008), Menjadi Kepala Sekolah Efektif. Yogyakarta : Ar- Ruzz Media.
Mulyasa, E. 2003. Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Paiton, Suyipno. 2008. Kiprah Kepala Sekolah Tentukan Wajah Sekolah,http://www.dispendikkabprob.org,
Piopiunik, M, G Schwerdt, L Simon and L Woessman, 2020, Skill, signals and employability: An experimental investigation. Europan Economic Review 123:
9 Bobonis, G. J., & Morrow, P. M., 2014, Labor coercion and the accumulation of human capital, Journal of Development Economics, 108, hal. 32–53. https://doi.org/10.1016/j.jdeveco.2014.01.004
Purwanto, E. A. (2019). Kebijakan publik yang agile dan inovatif dalam memenangkan persaingan di era VUCA (volatile, uncertain, complex, and ambiguous), [Pidato Pengukuhan Guru Besar, UNY]
Riduwan, Metode dan teknik Menyusun Proposal Penelitian, (Bandung; Alfabeta, 2013.
Sergiovanni, T.J. 1991. The Principalship: A Reflective Practice Perspective.
Siagian, P. Sondang. 2002. Kiat Meningkatkan Produktivitas Kerja. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Sukmadinata, Nana Syaodih. 2007. Landasan Psikologi Proses Pendidikan.
Jakarta: PT. Remaja Rosdakarya.
Suyanto. 2007. Kepemimpinan Kepala Sekolah. www.diknas.go.id,
Surat Edaran Nomor 04 Tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Pendidikan Dalam Masa arurat Coronavirus Disease
Surat Edaran Nomor 15 Tahun 2020 tentang Pedoman Penyelenggaraan Belajar Dari Rumah Dalam Masa Darurat Penyebaran Covid-19
Surya, Mohamad.(2004). Psikologi Pembelajaran dan Pengajaran. Bandung: Pustaka Bani Quraisy.
Usaid. 2007. Studi Peran Kepala Sekolah dan Komite Sekolah. www.mbeproject.net,
Usman, muh uzer.2008. Menjadi Guru Profesional. Jakarta: Erlangga Wahjosumidjo. 2007. Kepemimpinan Kepala Sekolah, Tinjauan Teoritik
dan Permsasalahannya, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Widoyoko, Eko. (2009). Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Evaluasi Kinerja Perusahaan (Husein Umar, 2005:37)
DOI: http://dx.doi.org/10.31258/jmp.11.2.p.190-202
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.