MINAT BACA SISWA DILIHAT DARI 4 FUNGSI MANAJEMEN PERPUSTAKAAN

Radiatan Mardiah, Abdul Aziz Ridho

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan manajemen perpustakan dalam keterkaitan minat baca siswa di MTs. Darussalam Anrong Appakah. Penelitian ini menggunakana pendekatan kualitatif dengan pendekatan deskriptf. Tempat penelitian di MTs. Darussal Anrong Appaka, Sumber data pada penelitian ini yaitu data primer melalui kepala madrsah tsanawiyah, kepala perpustakaan, guru, siswa, dan data skunder yaitu data dalam kajian atau dokumen madrasah, Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data dengan menggunkana teknik obervasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian: Implementasi manajemen perpustakan MTs Darussalam Anrong Appaka selain dilihat dari aspek perencanaan juga dapat dilihat dari aspek pegorganisasian, penggerakan, pengawasan. Dari aspek perencanaan, perpustakaan MTs. Darussalam telah merencanakan kegiatan dalam penyelengaraan perpustakaan meliputi jadwal kunjungan, anggaran, pengadaan buku, sumber daya manusia. Dari aspek pengorganisasian, perpustakan MTs. Darussalam telah membuat struktur organisasi, sehingga dapat memperlancar kinerja perpustakaan sesuai pekerjaannya misalnya ketenagaan, pelayanan dan pengkalsifikasi buku, dari aspek pergerakan, pergerakan dalam aspek manajemen perpustakaan MTs. Darussalam Anrong Appaka meliputi,  pelayanan dan penyediaan saran dan prasarana. Dari aspek pengawasan, pengawasn dalam manajemen perpustakan di MTs. Darussalam Anrong Appaka  di maksudkan untuk mengetahui efektifitas dan efisiensi peyelenggaraan perpustakaan, selain untuk memperoleh peningkatan kualitas.


Keywords


Manajemen Perpustakaan; Minat Baca; MTs. Darussalam Anrong Appakah

Full Text:

PDF

References


Darmono, Perpustakaan Sekolah: Pendekatan Aspek Manajemen dan Tata Kerja, Jakarta: PT Grasindo, 2007.

Hartono, Manajemen Perpustakaan Sekolah, (Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2016).

Sriwahyuni, E., & Kristiawan, M. (2019). Strategi Kepala Sekolah Dalam Mengimplementasikan Standar Nasional Pendidikan (SNP) Pada SMK Negeri 2 Bukittinggi. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan), 4(1).

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

_________, 2003, U. R. N. 20 T. (2003). UUD RI Nomor 20 Tahun 2003. Zitteliana, 19(8).

Oriogu, C. D. (2015). Catch Them Young: Developing and Improving of School Libraries and Reading Habit of Secondary School Students in Nigeria. Journal of Education and E-Learning Research, Vol. 2(4).

Rahman, T. M. A. (2019). MANAJEMEN PERPUSTAKAAN BERBASIS SISTEM OTOMASI. Jurnal Isema : Islamic Educational Management, 3(2). https://doi.org/10.15575/isema.v3i2.5015

Terry, G.R, L.W. Rue. 2019. Principle of management: Dasar-Dasar Manjemen, alihbahasa, G.A.Ticoalu. Jakarta: Bumi Aksara




DOI: http://dx.doi.org/10.31258/jmp.12.1.p.38-45

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.