PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU IPA DI SMP NEGERI 1 TANAH ABANG PALI SUMATERA SELATAN

Untari Imelda, Yasir Arafat, Meilia Rosani

Abstract


Peningkatan kinerja guru IPA merupakan salah satu upaya yang harus dilakukan oleh sekolah sebagai bentuk respon terhadap perkembangan IPTEK. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran kepala sekolah meningkatkan kinerja guru IPA. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualittaif deskriptif. Alat pengumpul data menggunakan dokumentasi, wawancara, observasi dan kajian pustaka. Tehnik analisis data menggunakan tehnik analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menyatakan bahwa peran kepala sekolah meningkatkan kinerja guru IPA dengan merancang program, merumuskan program berdasarkan visi misi serta melakukan evaluasi pelaksanaan program agar dapat efektif terhadap upaya peningkatan kinerja guru IPA. Terdapat beberpa hambatan anatara lain efektivitas instrumen yang dipakai sebagai alat evaluasi, kemudian faktor internal guru itu sendiri seperti keterbatasan finansial guru dan sekolah dalam melaksanakan pelatihan yang bersifat kontinu. Solusi yang diambil adalah dengan membangun komunikasi, membangun forum diskusi, mendorong kolaborasi antar guru IPA, menyusun keuangan yang efektif dan melakukan pemantauan dan evaluasi kinerja guru IPA secara berkala.


Keywords


Peran Kepala Sekolah; Kinerja Guru IPA; IPTEK

Full Text:

XML

References


Alawiyah, F. (2017). Standar nasional pendidikan dasar dan menengah. Aspirasi, 8(1), 81–92.

Anggraeni, I., Komariah, A., & Kurniatun, T. C. (2016). Kinerja manajerial kepala sekolah, kinerja mengajar guru dan mutu sekolah dasar. Jurnal Administrasi Pendidikan, 23(2), 134–140.

Anisari, A., Purwanti, E., & Masrur, M. (2017). Strategi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Di Smp Nurul Islam Kelurahan Garuntang Kecamatan Bumi Waras Kota Bandar Lampung. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Al-Idarah, 1(1), 1–9.

Arjunaita, A., Fitria, H., & Rohana, R. (2020). Peran Kepala Sekolah dalam Menerapkan Disiplin Kerja Guru. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), 1667–1675. https://doi.org/10.31004/jptam.v4i2.631

Mahdiannur, M. A., Erman, E., Martini, M., Nurita, T., & Rosdiana, L. (2022). Eksplorasi Pengetahuan Guru Ipa Smp Tentang Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Kurikulum Merdeka : Pengukuran Berdasarkan Complex Multiple-Choice Survey. Jurnal Tarbiyah, 29(2), 295. https://doi.org/10.30829/tar.v29i2.1812

Ogaswara. (2010). Kontribusi Manajerial Kepala Sekolah dan Sistem Informasi Kepegawaian Terhadap Kinerja Mengajar Guru. Jurnal Penelitian Pendidikan, 11(2), 60–72.

Usman. (2019). Strategi Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kompetensi Guru pada SMP Negeri 16 Kota Banda Aceh. Jurnal Administrasi Pendidikan: Program Pascasarjana Unsyiah, 7(1), 1–9.

Usman, H. (2017). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Perilaku Kepala Sekolah. Jurnal Tenaga Kependidikan, 2(3), 1–20. https://journal.uny.ac.id/index.php/jamp/article/view/2334/1938

Usman, H., & Eko Raharjo, N. (2013). Strategi Kepemimpinan Pembelajaran Menyongsong Implementasi Kurikulum 2013. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 5(1), 1–13. https://doi.org/10.21831/cp.v5i1.1253

Riyanto, T., & Masniar, M. (2019). Pengaruh Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah Dan Motivasi Guru, Terhadap Prestasi Siswa Sd Negeri Sekecamatan Pulau Rimau. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan), 4(2), 180. https://doi.org/10.31851/jmksp.v4i2.2907




DOI: http://dx.doi.org/10.31258/jmp.12.1.p.80-88

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.