MANAJEMEN PARENTING TAMAN KANAK KANAK PASCA PANDEMI COVID-19 DI TK BAKTI SRIWIJAYA PALEMBANG

Sri Rastuti, Yasir Arafat, Ila Kesumawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan manajemen parenting Taman Kanak-Kanak Pasca Panemi Covid-19 di TK Bakti Sriwijaya Palembang. Alat pengumpul data menggunakan metode wawancara, dokumentasi, observasi serta kajian pustaka. Analisis data menggunakan analisis kualitatif deskriptif dengan tahapan-tahapan penelitian yang mengacu pada teori Miles dan Huberman. Hasil penelitian menyatakan bahwa manajemen program parenting di TK Bakti Sriwijaya Palembang dilaksanakan dengan baik dengan berpedoman pada kebijakan dan pedoman pemerintah terkait operasional TK pasca pandemi. Desain program parenting tetap mengacu pada pemenuhan kebutuhan anak usia dini yaitu peningkatan gizi, pemeliharaan kesehatan, perawatan, pengasuhan, pendidikandan perlindungan. Pelaskanakan kegiatan parenting di isi dengan komunikasi dan Tanya jawab antara peserta dengan narasumber maupun peserta terhadap peserta lainnya. Pelaksanaan evaluasi program parenting pasca pandemi Covid-19 dilakukan untuk menganalisis ketercapaian tujuan pelaksanaan program parenting yaitu pemahaman orang tua seputar pendidikan anak usia dini dan dapat mempraktekkan kembali cara mengasuh anak yang baik, menyiapkan gizi yang baik dan mengerti tentang tumbuh kembang anak.


Keywords


Manajemen; Program Parenting; Taman Kanak-Kanak

Full Text:

PDF

References


Amirudin, A., & Nuryani, Y. (2023). Manajemen Program Parenting dalam Meningkatkan Sinergis Antara Sekolah dan Orang Tua Siswa di TKIT Al-Farisi Majalengka. Eduprof: Islamic Education Journal, 5(1), 27-59.

Anggraini, K, Fitria, H, M. (2022). Implementation of School Adaptation in Distance Leaming During the Covid-19. JMKSP (Jumal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan), 7(2), 470–481. https://jumal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/JMKSP/article/view/7739/5688

Anisyah, N., Indrawati, Hafizotun, L., Marwah, S., Yumami, V., & Annisa DN, N. (2021). Orang Tua Kreatif untuk Anak Usia Dini di Masa Pandemi Covid-19 Melalui Kegiatan Parenting. Murhum : Jumal Pendidikan Anak Usia Dini, 1, 34–43. https://doi.org/10.37985/murhum.v2i1.26

Arif, S., Isdijoso, W., Fatah, A. R., & Tamyis, A. R. (2020). Strategic Review of Food Security and Nutrition in Indonesia. 38–41.

Hernawati, H., & Kurniasih, I. (2021). Pentingnya Kolaborasi Antara Guru Dan Orang Tua Siswa Serta Masyarakat Pada Pendidikan Taman Kanak-Kanak. Fastabiq: Jurnal Studi Islam, 2(2), 119-128.

Iskandar. (2018). Metodologi Penelitian Pendidikan dan Sosial (Kuantitatif dan. Kualitatif). GP Press.

Khairiyah, R., Fadillah, F., & Marmawi, R. (2019). Pelaksanaan Program Parenting di Taman Kanak-Kanak di Kota Pontianak. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 8(10).

Supono, T., & Tambunan, W. (2021). Kesiapan Penerapan Protokol Kesehatan Di Lingkungan Sekolah Dasar Pangudi Luhur Jakarta Selatan. Jumal Manajemen Pendidikan, 10(2), 57–65. https://doi.org/10.33541/jmp.v10i2.3269

Syah, R. H. (2020). Dampak Covid-19 pada Pendidikan di Indonesia: Sekolah, Keterampilan, dan Proses Pembelajaran. SALAM: Jumal Sosial Dan Budaya Syar-I, 7(5). https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i5.15314

Triwiyanto, T. (2021). Pengantar Pendidikan. Bumi Aksara.

Utami, E. (2020). Kendala dan Peran Orangtua dalam Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana, 471–479.




DOI: http://dx.doi.org/10.31258/jmp.12.1.p.89-96

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.