PENGARUH KETERAMPILAN MANAJERIAL DAN GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU SD NEGERI DI GUGUS 1 KECAMATAN INDRALAYA UTARA SUMATERA SELATAN
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh keterampilan manajerial dan gaya kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru SD Negeri di Gugus 1 Kecamatan Indralaya Utara. Ukuran sampel yang diambil sebanyak 107 guru SD Negeri di Gugus 1 kecamatan Indralaya Utara. Teknik pengambilan sampel dengan purposive sampling yaitu, dimana responden yang diambil adalah sebagian guru SD Negeri di kecamatan Indralaya Utara. Pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran kuesioner yang menggunakan skala Likert 5 poin untuk mengukur 90 item pernyataan. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) ada pengaruh keterampilan manajerial terhadap kinerja guru 2). ada pengaruh gaya kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru 3) ada pengaruh keterampilan manajerial dan gaya kepemimpinan kepala sekolah secara bersama-sama terhadap kinerja guru SD Negeri di Gugus 1 kecamatan Indralaya Utara
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ariyanti, Y. (2020). Keterampilan Manajerial Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru. AKSES: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 14(1), 26–35. https://doi.org/10.31942/akses.v14i1.3265
Astuti, R. W., Fitria, H., & Rohana. (2020). The Influence of Independence, Adversity Quotient, and Work Motivation on Teacher Performance. Journal of Social Work and Science Education, 1(20), 105–114. https://doi.org/10.2991/assehr.k.201204.055
Ayu, N. A., Wulan, H. S., & Budi, L. (2021). PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN, KEMAMPUAN MANAJERIAL,DAN DISIPLIN TERHADAP PELAYANAN KARYAWAN(Koperasi Simpan Pinjam Karya Cipta Mandiri, Bawen Case Study). Journal of Management.
Depdikbud. (2022). Kamus Besar Bahasa Indonesia,. Balai Pustaka. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2016/10/kamus-besar-bahasa-indonesia-edisi-kelima-tersedia-secara-daring
Depdiknas. (2008). Undang-undang RI No.20 tahun 2003.tentang sistem pendidikan nasional.
Fathurrahman. (2015). Model Model Pembelajaran Inovatif. Ar-Ruzz.
Fathurrohman, M., & Sulistyorini. (2018). Belajar & Pembelajaran Meningkatkan Mutu Pembelajaran Sesuai Standar Nasional. Kalimedia.
Gomes, F. C. (2011). Manajemen Sumber Daya Manusia. Andi Offset.
Gusmiyati, Lian, B., & Fitria, H. (2021). Principal’s Supervision in Improving Teacher’s Performance. Journal of Social Work and Science Education, 2(1), 2021.
Hamalik, O. (2016). Media Pendidikan. Citra Aditya Bakti.
Herry, Lian, B., & Fitriani, Y. (2020). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Komitmen Guru terhadap Kinerja Profesional Guru. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2003), 1658–1666.
Hidayati, R. F., Arafat, Y., & Putra, A. Y. (2021). The influence of the leadership of the principal and school committee on teacher performance. JPGI (Jurnal Penelitian Guru Indonesia), 6(2), 465. https://doi.org/10.29210/021072jpgi0005
Jaliah, Fitria, H., & Martha, A. (2020). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Manajemen Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru. Journal of Education Research, 1(Dii), 146–153.
Lian, B., & Puspita, Y. (2021). The Effect of Managerial Supervision and Work Motivation on Improving Principal’s Performance Susmadiana. Journal of Social Work and Science Education, 2(2), 181–187.
Mangkunegara, A. . A. P. (2018). Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan,. PT. Remaja Rosda Karya,.
Manik, J., & Siahaan, M. (2021). The PENGARUH KETERAMPILAN MANAJERIAL KEPALA SEKOLAH DAN PEMBERIAN REWARD TERHADAP KINERJA GURU: PERAN MOTIVASI GURU SEBAGAI VARIABEL MEDIASI. Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 9(2), 145–163. https://doi.org/10.30603/tjmpi.v9i2.2267
Mulyasa. (2013a). Manajemen Kepemimpinan Kepala Sekolah. Bumi Aksara.
Mulyasa. (2013b). Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Rosda Karya.
Nuzula Qur’ani, Ahyani, N., & Eddy, S. (2021). The Influence of Principal Leadership and Management on Teacher Performance. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 2401–2404. https://doi.org/10.2991/assehr.k.210716.241
Poewadarminta. (2007). Kamus Umum Bahasa Indonesia,. Balai Pustaka.
Prawirosentono. (2009). Manajemen Sumber Daya Manusia Kebijakan Kinerja Karyawan. BPFE Yogyakarta.
Priansa, D. (2016). Perencanaan dan Pengembangan SDM. Alfabeta.
Prihatini, D., Arafat, Y., & Mulyadi, M. (2021). The Influence of Organizational Culture and Principal Leadership Towards Teacher’s Performance. Journal of Social Work and Science Education, 1(3), 204–213. https://doi.org/10.52690/jswse.v1i3.107
Rivai, V. (2015). Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Perusahaan (Cetakan Pe). Raja Grafindo Persada.
Siagian, S. (2002). Kiat Meningatkan Produktivitas Kerja. Rineka Cipta,.
Soebagio, A. (2016). Manajemen Pendidikan Indonesia. Ardadzya Jaya.
Sulistyorini. (2008). Hubungan Antara Manajerial Kepala Sekolah Dan Iklim Organisasi Dengan Kinerja Guru. Jurnal Ilmum Pendidikan, 8(2), 63.
Supardi. (2014). Kinerja Guru. Rajawali Press.
Suprayogo, I. (1999). Revormulasi Visi Pendidikan Islam, (1st ed.). Stain Press.
Susilawati, S., Fitria, H., & Eddy, S. (2021). The Effect of Principal’s Leadership Style and Teacher’s Job Satisfation towards Teacher’s Performance. Journal of Social Work and Science Education, 2(1), 42–51. http://ejournal.karinosseff.org/index.php/jswse/article/view/192
Syukur, F. (2014). Manajemen Sumber Daya Manusia Pendidikan. PT Pustaka Rizki Putra.
Thoha, M. (2014). Perilaku Organisasi Konsep Dasar dan Aplikasinya. Raja Grafindo Persada.
Uno, H., & Lamatenggo, N. (2012). Teori Kinerja dan Pengukurannya. Bumi Aksara.
Wahab, A., & Umiarso. (2011). Kependidikan dan Kecerdasan Spiritual. Ar-Ruzz.
Wahjosumidjo. (2015). Kepemimpinan Kepala Sekolah tinjauan teoritik dan permasalahan. PT Raja Grafindo Persada.
Wahyudi. (2014). Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Organisasi Pembelajar. Alfabeta.
Yukl, G. (2010). Kepemimpinan dalam Organiasasi. Indeks.
DOI: http://dx.doi.org/10.31258/jmp.12.2.p.243-254
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.