ORGANISASI DAN DESAIN DALAM PENGEMBANGAN KURIKULUM

Alif Yunanda Putra, Gustianto Nur Hafis, Salfen Hasri, Sohiron Sohiron

Abstract


Dunia pendidikan tidak dapat terlepas dari kurikulum. Kurikulum adalah salah satu komponen pendidikan yang sangat penting. Kurikulum dapat mencakup lingkup yang luas dan lingkup yang sempit. Kurikulum harus sesuai dengan kebutuhan dan tuntutan yang ada dalam masyarakat. Kurikulum juga harus mampu menyesuaikan kompone- komponen yang ada di dalamnya. Dalam pelaksanaannya di sebuah lembaga pendidikan, kurikulum perlu dikembangkan, dalam mengembangkan kurikulum tentu tidak dapat dilakukan secara begitu saja tanpa acuan atau pedoman. Kurikulum yang dikembangkan salah satunya harus memperhatikan organisasi dan desain pengembangan kurikulum. Pengorganisasian dan desain kurikulum merupakan salah satu aspek yang perlu diperhatikan agar dalam pengembangan kurikulum dapat memenuhi segala kebutuhan dan tuntutan peserta didik, pendidik, dan juga masyarakat. Kajian ini menggunakan metode Library Research dengan mengkaji beberapa sumber data dari buku-buku yang berhubungan dengan organisasi dan desain pengembangan kurikulum. Kesimpulan dari kajian ini adalah organisasi berperan sebagai metode yang digunakan guna menentukan pemilihan dan pengintegrasian berbagai pengalaman belajar yang diselenggarakan oleh lembaga pendidikan di dalam proses pengembangan kurikulum. Suatu organisasi sangat diperlukan untuk proses manajemen, yaitu organisasi perencanaan, organisasi dalam rangka pelaksanaan kurikulum, dan organisasi dalam rangka evaluasi kurikulum. Dalam mengembangkan kurikulum juga diperlukan adanya desain kurikulum. Desain kurikulum merupakan pengorganisasian tujuan, isi, serta proses yang akan dijalani peserta didik dalam sebuah lembaga pendidikan. Terdapat berbagai desain yang telah disusun dan masing-masing desain memiliki kelebihan dan kelemahan tertentu. Penelitian ini dapat menjadi referensi bagi lembaga yang ingin mengembangkan kurikulum untuk memahami organisasi dan desain pengembangan apa yang sesuai dengan kebutuhannya. Penelitian ke depan diharapkan mampu mengulas secara lebih mendalam terkait dengan organisasi dan desain pengembangan kurikulum.

Keywords


Organisasi; Desain; Pengembangan

Full Text:

PDF

References


Aset Sugiana. 2018.Proses Pengembangan Organisasi Kurikulum Di Indonesia. ElHiKMAH Jurnal Kajian Dan Penelitian Pendidikan Islam 12: 91–103.

Hamalik, Oemar.2017. Dasar-Dasar Pengembagan Kurikulum. Bandung: Remaja Rosdakarya

Hamid, Hamdani.2012. Pengembangan Kurikulum Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia

Herlina. 2018. Urgensi Desain Kurikulum Dalam Upaya Memajukan Pendidikan Di Indonesia. Ngabari: Jurnal Studi Islam Dan Sosial 11 15.

Mukhlasin, Ahmad, and Rakhmat Wibowo. 2018. Desain Pengembangan Kurikulum Integratif Dan Implementasinya Dalam Pembelajaran Jurnal Tawadhu 2 (364–80).

Musyarapah. 2014. Manajemen Proses Pengembangan Kurikulum (Need Assesment Dan Pengembangan Desain Kurikulum). Jurnal Al-Risalah 10 : 227–40.

Nasution.2015 Asas-Asas Kurikulum. Jakarta: Bumi Aksara

Rusman. 2009. Manajemen Kurikulum. Jakarta: Rajawali Pers

Soetopo, Hendyat, and Wasty Soemanto. Pembinaan Dan Pengembangan Kurikulum Sebagai Substansi Problem Administrasi Pendidikan. Jakarta: Bina Aksara,.

Sukiman.2013. Pengembangan Kurikulum: Teori Dan Praktik Pada Perpendidikan Tinggi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Kependidikan UIN Sunan Kalijaga,

Sukmadinata, Nana Syaodih.2013 Pengembangan Kurikulum Teori Dan Praktik. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Thaib, Razali M, and Irman Peserta didiknto. 2015.Inovasi Kurikulum Dalam Pengembangan Pendidikan (Studi Analisis Implementatif).‖ Jurnal Edukasi 1 (216–28.

Zaini, Muhammad. Pengembangan Kurikulum Konsep, Implementasi, Evaluasi, Dan Inovasi. Yogyakarta: Teras, 2009. Zed, Mustika. Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia, 2014




DOI: http://dx.doi.org/10.31258/jmp.12.2.p.312-323

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.