PENGARUH PRAKTIK KERJA INDUSTRI DAN SOFT SKILL TERHADAP KESIAPAN KERJA SESUAI DENGAN KKNI (KERANGKA KUALIFIKASI NASIONAL INDONESIA) SISWA KELAS XII SMK NEGERI 1 PRABUMULIH
Abstract
Tujuan Penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui dan mendeskripsikan pengaruh Praktek Kerja Industri terhadap kesiapan kerja pada siswa kelas XII di SMK Negeri 1 Prabumulih;(2) Untuk mengetahui dan mendeskripsikan pengaruh soft skills terhadap kesiapan kerja pada siswa kelas XII di SMK Negeri 1 Prabumulih; (3) Untuk mengetahui dan mendeskripsikan pengaruh Praktek Kerja Industri dan soft skills secara bersama-sama terhadap kesiapan kerja pada siswa kelas XII di SMK Negeri 1 Prabumulih. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Ada pengaruh yang signifikan Praktik Kerja Industri Terhadap Kesiapan Kerja dibuktikan dari nilai Thitung > Ttabel yaitu 2,892 > 2,000 dan Sig < 0,05 yaitu 0,000 < 0,05 (dengan taraf 5%). (2) Ada pengaruh yang signifikan Soft Skills terhadap Kesiapan Kerja dibuktikan dari nilai Thitung > Ttabel yaitu 2,497 > 2,000 dan Sig < 0,05 yaitu 0,000 < 0,05 (dengan taraf 5%). (3) Besar pengaruh Koefisien determinasi Adjusted R square 0,780 yang artinya sebesar 78% variabel praktik kerja industri dan soft skills mempengaruhi variabel kesiapan kerja dan sisanya 22% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini . Ini artinya pengaruh antara kedua variabel X1 dan X2 terhadap Y menunjukkan kategori pengaruh yang kuat. Karena nilai korelasi pada tabel interprestasi koefisien korelasi berada pada interval 0,600 – 0,799, Dengan demikian dapat dikatakan bahwa praktik kerja industri dan soft skills memberikan pengaruh kuat terhadap kesiapan kerja siswa kelas XII di SMK Negeri 1 Prabumulih.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Darwin, M., Reynelda, M., Salman, M., Sormin, A., Hardi, Y. N., & Sylvia, T. D. (2021). Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif. Jakarta: Rineka Cipta.
BPS. (2022, Agustus). Retrieved May 28, 2023, from “Survei Angkatan Kerja Nasional (Sakernas)”: https://www.bps.go.id/indicator/6/1179/1/tingkat-pengangguran-terbuka-berdasarkan-tingkat-pendidikan.html
Duwi, P. (2018). SPSS, Panduan Mudah Olah Data bagi Mahasiswa dan Umum. Yogyakarta: PT. Terbit Anka.
Dwi, P. (2018). Mandiri Belajar SPSS. Jakarta: Bumi Aksara.
Irawan, A., Setiawati, T., & Andiana, A. (2023). “Optimalisasi Soft Skill Pada Lembaga Pendidikan Di Era 4.0”. Journal of Comprehensive Science (JCS), 872-882
Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25 (9th ed.). Semarang: badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Kesumawati, N., & Ichwan, A. (2023). Statistik Parametrik Penelitian Pendidikan (Cetakan V). Palembang: NoerFikri.
Lian, B. (2017). “Kompetensi Sumber Daya Manusia Lulusan Perguruan Tinggi Menghadapi Kompetisi Global”. Jurnal Dosen Universitas PGRI Palembang.
Marlina, T. (2019). “Mengembangkan Soft Skill Siswa dalam Pembelajaran dengan Metode Permainan Media Gambar pada Kelas I MI Al Fithrah Surabaya”. Tarbawi
Machali, I. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif Panduan Praktis Merencanakan, Melaksanakan, dan Analisis dalam Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: FKIP UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.
Maryanti, N. O. (2019). “Siswa SMK Siap Hadapi Revolusi Industri 4.0 (Kajian Praktis SMK di Provinsi Sumatera Selatan)”. Universitas Negeri Palembang
Utomo, W. (2021). “Paradigma Pendidikan Vokasi: Tantangan, Harapan Dan Kenyataan”. Almufi Journal of Measurement, Assessment, and Evaluation Education, 65-72
Wibowo, S. H.dkk. (2022). “Diklat Riset Terapan Bagi Guru SMK Pusat Keunggulan”. Journal of Empowerment, 31-45
Zuhairoh, N., & Pattinasarany, I. R. I. (2021). “Kemitraan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Dengan Dunia Usaha/Dunia Industri (DU/DI) Sebagai Implementasi Revitalisasi SMK (Studi Tata Kelola Kemitraan Pada SMK Swasta “DP” Di Jakarta Timur)”. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan).
DOI: http://dx.doi.org/10.31258/jmp.12.2.p.324-334
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.