PENGARUH KOMPENSASI FINANSIAL DAN KOMPENSASI NON-FINANSIAL TERHADAP KINERJA GURU DI MAN 1 PRABUMULIH SUMATERA SELATAN
Abstract
Hasil kinerja guru yang baik tidak dapat dipisahkan dari besar kecilnya balas jasa atau kompensasi. Banyak anggapan di masyarakat bahwa semakin besar kompensasi maka akan semakin tinggi pula kepuasan kerjanya. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji dan menganalisis pengaruh kompensasi finansial dan kompensasi non-finansial terhadap kinerja guru. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Alat pegumpulan data dengan observasi, kuesioner dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dianalisis memperlihatkan bahwa nilai koefesien determinasi (R Square) kompensasi finansial terhadap kinerja guru sebesar 0,362 yang berarti bahwa ada pengaruh kompensasi finansial terhadap kinerja guru sebesar 36,2%. Dan nilai koefesien determinasi (R Square) kompensasi non-finansial sebesar 0,698 yang berarti bahwa ada pengaruh kompensasi non-finansial terhadap kinerja guru sebesar 69,8%. Serta didapat nilai koefesien determinasi (R Square) kompensasi finansial dan kompensasi non-finansial terhadap kinerja guru sebesar 0,719 yang berarti bahwa ada pengaruh kompensasi finansial dan kompensasi non-finansial terhadap kinerja guru sebesar 51,6%.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Mukminin, Amirul. 2019. Manajemen Sumber Daya Manusia Dalam Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.
Rivai, Veitzhal. 2004. Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Perusahaan dan Teori ke Praktek. Jakarta: Raja Grafindo.
Sudjana. 2015. Metode Statistika. Bandung: Tarsito.
Sugiyono, 2017. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Wibowo. 2017. Manajemen Kinerja. Depok: Rajawali Pers.
Yusuf, Burhanuddin. 2015. Manajemen Sumber Daya Manusia Di Lembaga Keuangan Syariah. Edisi Pertama. Cetakan Pertama. Penerbit: PT. RajaGrafindo Persada Jakarta Indonesia.
DOI: http://dx.doi.org/10.31258/jmp.12.3.p.436-445
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.