MANAJEMEN PENDIDIKAN KARAKTER DI SMA NEGERI 14 PALEMBANG

Yuliana Marlian Apriani, Happy Fitria, Nila Kesumawati

Abstract


Pengembangan kemampuan intelektual dan membentukan karakter yang baik saat ini menjadi urgen seiring meningkatnya daya saing SDM dalam tantangan global yang semakin komplek. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana pendidikan menengah mengelola pendidikan karakter sesuai dengan tujuan pendidikan Nasional. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif desktiptif. Alat pengumpul data menggunakan metode wawancara, dokumentasi, observasi serta kajian pustaka. Analisis data menggunakan analisis kualitatif deskriptif dengan tahapan-tahapan penelitian yang mengacu pada teori Miles dan Huberman yaitu mengumpulkan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menyatakan bahwa manajemen pendidikan katakter sekurang-kurangnya mencakup karakter beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia, mandiri, bergotong-royong, berkebinekaan global, bernalar kritis dan kreatif. Kendala- internal dan eksternal dalam membangun karakter peserta didik dapat di atasi dengan upaya sekolah untuk meningkatkan kompetensi guru, memperkuat koordinasi, menjalin komunikasi intensif dan terus memberikan arahan kepada siswa agar terus melatih kebiasaan displin dan bertanggungjawab baik itu di sekolah maupun di luar sekolah.


Keywords


Manajemen Pendidikan; Pendidikan Karakter; Tantangan Global

Full Text:

PDF

References


Adisusilo, S. (2013). Pembelajaran Nilai Karakter. Raja Grafindo Persada.

Aditomo, A. (2021). Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Kemendikbud.

Ahyani, N. (2017). Intergasi Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Sejarah. Prosiding Seminar Nasional 20 Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang 25 November 2017, November, 188–192.

Amri, S. (2016). Implementasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran. Prestasi Pustaka.

Aqib dan Sujak. (2013). Panduan dan Aplikasi Pendidikan Karakter. Gaung Persada Press.

Arikunto, S. (2017). Pengembangan Instrumen Penelitian dan Metodologi Penelitian Pendidikan. Bumi Aksara.

Asmani, J. M. (2011). Buku Panduan Internalisasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Diva Press.

Casika, A., Lidia, A., & Asbari, M. (2023). Pendidikan Karakter dan Dekadensi Moral Kaum

Hartati, T. (2023). Analisis Program Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) Berbasis Nilai Kearifan Lokal Maja Labo Dahu Dalam Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila Pada SMA di Kabupaten BIMA. 5(2), 40–47.

Milenial. Jurnal Manajemen Pendidikan, 1(1), 26–33. http://ejournal.kopertais4.or.id/madura/index.php/alallam/article/view/5648

Snyder, F. J., Vuchinich, S., Acock, A., Washburn, I. J., & Flay, B. R. (2012). Improving elementary school quality through the use of a social‐emotional and character development program: A matched‐pair, cluster‐ randomized, controlled trial in Hawai’i. Journal of School Health, 28(1), 11–20.

Sulastri, S., Syahril, S., Adi, N., & Ermita, E. (2022). Penguatan pendidikan karakter melalui profil pelajar pancasila bagi guru di sekolah dasar. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 7(3), 583. https://doi.org/10.29210/30032075000

Samekto. (2021). Tentang profil pelajar Pancasila. https://www.kompas.id/baca/ opini/2021/02/05/tentang-profil-pelajarpancasila




DOI: http://dx.doi.org/10.31258/jmp.12.1.p.72-79

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.